Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyatakan terdapat 92 ruang kelas sekolah dasar (SD) yang sudah diperbaiki, dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022.

"Ada 62 ruang kelas yang diperbaiki menggunakan DAK, dan 30 lainnya APBD," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Ronianto di Cirebon, Jumat. 

Ia mengatakan, perbaikan  92 ruang kelas itu  tersebar di sejumlah sekolah dasar di berbagai kecamatan atau desa di Kabupaten Cirebon. 

Menurutnya, secara keseluruhan jumlah ruang kelas sekolah dasar yang berada di Kabupaten Cirebon, mencapai 6.093 unit, dan dari jumlah tersebut hanya 1.567 ruang kelas dalam kondisi baik. 

"Sedangkan 4.471 unit lainnya mengalami kerusakan ringan," ujar Roni. 
Ia menambahkan untuk ruang sekolah dasar yang mengalami kerusakan tingkat sedang berjumlah 31 unit. Sementara 24 lainnya mengalami kerusakan berat. 

Roni memastikan pemerintah terus berupaya memperbaiki ruangan kelas yang mengalami kerusakan, namun secara bertahap, karena anggarannya juga tidak sedikit. 

"Kami terus berupaya memperbaiki semua ruangan kelas yang mengalami kerusakan, dan dilakukan secara bertahap," katanya.

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022