Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) mengenalkan tiga objek wisata river tubing atau sejenis wisata arum jeram namun dilakukan dengan naik ban masing-masing mengikuti aliran sungai yang tenang dan lebih rileks.
 
"Kalau wisatawan ingin mencoba arung jeram tapi takut melihat derasnya aliran sungai. Mungkin bisa mencoba river tubing. Jawa Barat sendiri memiliki tiga rekomendasi spot river tubing untuk dijajal wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar, di Bandung, Kamis.
 
River tubing, kata Benny, sebenarnya merupakan salah satu jenis olahraga air yang enggak begitu jauh dengan arung jeram namun bedanya, arung jeram dilakukan dengan cara berkelompok di atas perahu karet di aliran sungai yang mengalir deras.
 
"Sedangkan, river tubing dilakukan dengan naik ban masing-masing mengikuti aliran sungai yang tenang dan lebih rileks. Oleh karenanya, river tubing dinilai lebih aman, tapi sensasinya tidak kalah asyik dengan arung jeram," kata dia.
 
Tiga objek wisata river tubing Smiling West Java yang direkomendasikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat ialah pertama Sungai Ciherang Purwakarta, tepatnya di Kampung Tanjaknangsi, Desa Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. 
 
Spot wisata ini bisa menjadi "escape run away" wisatawan di akhir pekan.
 
"Siapkan stamina dan fisik yang kuat, sebab river tubing di sini bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan jalur penelusuran sepanjang 4,5 kilometer," kata dia. 
 
Pengelola wisata dari Ngamprak River Adventure akan memandu secara profesional dan wisatawan akan diberikan helm dan jaket pelampung sebelum berpetualang.
 
Untuk merasakan sensasi dataran tinggi Purwakarta di Sungai Ciherang, wisatawan bisa merogoh kocek sekitar Rp120.000. 
 
Di sana juga tersedia penginapan dan tempat menyantap sate maranggi yang menjadi kuliner khas Purwakarta.
 
Objek wisata river tubing yang kedua adalah di Sungai Santirah Pangandaran, di Kabupaten Pangandaran.
 
Akses menuju Santirah hanya 13 kilometer dari pusat kota Pangandaran dengan taksiran 35 menit perjalanan dan lokasi tepatnya terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.
 
Tak hanya relief kars, air terjun yang meluncur dari kanan dan kiri bakal menambah keseruan river tubing di Santirah. 
 
Penyusuran 1,5 kilometer di Sungai Santirah ini juga dihiasi dengan eksplorasi gua yang cukup panjang dan gelap.
 
Untuk harga river tubing berkisar dari Rp100.000 hingga Rp135.000 per orang dengan rombongan minimal 10 orang.
 
Harga tersebut sudah termasuk pemandu, tiket wisata, parkir, peralatan river tubing, asuransi, makan nasi liwet, dan dokumentasi.
 
Objek wisata river tubing yang ketiga ialah di Sungai Cikuluwung Bogor, di Jalan Gunung Menir, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. 
 
Di lokasi ini ada paket river tubing untuk anak-anak. River tubing Fun Ride jaraknya hanya sekitar 100 meter untuk dua kali balikan dengan harga sekitar Rp55 ribu per orang. 
 
Sedangkan untuk orang dewasa, river tubing Adventure Ride harganya berkisar Rp127 ribu per orang untuk minimal enam orang peserta. 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022