Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat akan merutinkan kegiatan pasanggiri jaipong setiap tahun, sebagai wadah eksplorasi, edukasi dan apresiasi terhadap seni tari leluhur warisan budaya Sunda.

"Sampai hari ini, tari jaipong terus berkembang dan secara tren menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, khususnya perkembangan seni tari jaipong di Purwakarta," kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika, saat membuka Pasanggiri Jaipong, di Purwakarta, Selasa.

Ia mengatakan, perkembangan tari jaipong ditandai dengan semakin banyaknya sanggar tari yang muncul dan tumbuh di Purwakarta.

"Kami support, kegiatan pasanggiri jaipong ini merupakan seni Sunda, jati diri orang Sunda yang harus dikembangkan kembali, khususnya di Purwakarta," kata dia.

Ia berharap dukungan dari pemerintah daerah dapat menjadi modal dalam menjaga seni budaya tradisional, selain dari kalangan seniman, lembaga dan pendidikan pun dinilai memiliki peran penting dalam menjaga dan mengembangkan kesenian tradisional.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat Purwakarta untuk terus berkarya dan menjadi parameter perkembangan tari jaipong yang terinspirasi oleh kesenian tradisional," kata Anne.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022