Pemerintah Indonesia dan Timor Leste sepakat menandatangani empat nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dari sektor pertanian, perhubungan, hingga perdagangan.

Penandatanganan tersebut saat Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Manuel Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Berdasarkan keterangan yang disaksikan melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, delegasi dari masing-masing negara akan menandatangani empat nota kesepahaman, yakni pada bidang pertanian, pergerakan lintas batas bus, standardisasi dan metrologi, serta kerja sama teknis pada bidang perdagangan.

Adapun delegasi yang hadir dari Indonesia, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Hadir pula Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik, dan Direktur Asia Timur dan Pasifik Kemenlu Santo Darmosumarto.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Manuel Ramos-Horta melakukan penanaman bibit pohon gaharu bersama di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Penanaman pohon itu merupakan rangkaian upacara penyambutan resmi kenegaraan saat Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan José Ramos-Horta di Indonesia.
Usai melakukan penanaman pohon, Presiden José Ramos-Horta menyempatkan diri melambaikan tangan ke arah kamera awak media.

Kedua kepala negara selanjutnya menuju beranda Istana Kepresidenan Bogor untuk berbincang bersama.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden menyebutkan kedua pemimpin akan melakukan pertemuan tatap muka, melakukan pertemuan bilateral, menyaksikan penandatanganan naskah nota kesepahaman, dan melakukan pernyataan pers bersama.

Penyambutan Presiden José Ramos-Horta akan ditutup jamuan santap siang kenegaraan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RI dan Timor Leste teken empat MoU dari pertanian hingga perdagangan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022