Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebut kehadiran sejumlah taman kota yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu menjadi aset untuk menunjang dan memperkuat ciri khas destinasi wisata kota.

Maka dari itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan taman merupakan aspek penting. Pasalnya, kata dia, kehadiran taman juga merupakan upaya untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Kota Bandung.

"Taman ini merupakan aset yang luar biasa. Sangat ikonik sebagai penguat ciri Bandung sebagai destinasi wisata kota," kata Ema di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Dia pun memastikan taman-taman yang ada di Kota Bandung dalam keadaan yang terpelihara setelah dirinya meninjau tiga lokasi, yaitu Taman Babakan Siliwangi, Pet Park, dan Taman Tegallega.

"Secara umum masih relatif terjaga dengan baik. Kalau bicara maksimum, kita memang masih berproses. Tetapi, walaupun dengan keterbatasan, atensi pemeliharaannya menurut saya masih masuk kategori yang cukup baik," kata dia.

Menurut Ema pemeliharaan taman di Kota Bandung itu bergantung pada aspek taman itu sendiri. Mulai dari aspek luas wilayah, hingga fasilitas di dalamnya.

Ema mencontohkan, Taman Tegallega yang memiliki luas 17 hektare memerlukan daya dukung yang juga kuat. Sedangkan taman kota yang memiliki luas wilayah yang relatif kecil, menurutnya masih bisa terpelihara dengan baik.
“Sudah kami instruksikan kepada dinas terkait untuk memaksimalkan lagi fasilitas di sini. Mulai dari genangan air (untuk dibenahi), dan juga lampu penerangan untuk direaktivasi lagi,” katanya

Selain penting untuk indeks kebahagiaan, menurutnya sejumlah taman, khususnya Taman Tegallega dan Taman Babakan Siliwangi merupakan aset sebagai paru-paru Kota Bandung.

"Dengan fasilitas yang relatif murah, ini bagian yang penting untuk masyarakat Kota Bandung (yang ingin berwisata)," katanya.

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022