ANTARAJAWABARAT.com, 26/8 - Robin van Persie menandai debutnya di Manchester United dengan mencetak gol indah, namun kemenangan 3-2 yang diraih timnya dari Fulham pada Sabtu dinodai cederanya Wayne Rooney.

Van Persie hanya mendapat sedikit kesempatan untuk berkontribusi saat tampil sebagai pemain cadangan ketika United dikalahkan Everton pada Senin, namun sang penyerang hanya membutuhkan sepuluh menit untuk mencetak gol di Old Trafford ketika sepakan voli briliannya membatalkan keunggulan tim tamu, yang didapat melalui Damien Duff.
Terinspirasi oleh penyerang Belanda senilai 24 juta pounds itu, United kemudian mampu mengamankan kemenangan perdana mereka musim ini, namun hasil itu dibayang-bayangioleh cedera Rooney pada akhir babak kedua, yang membuat penyerang Inggris itu harus ditandu untuk keluar lapangan dengan darah mengaliri kakinya, setelah ia diterjang Hugo Rodallega.

Fulham mampu mengejutkan United ketika pemain sayap Irlandia, Duff, yang telah pensiun dari sepak bola internasional pada pekan ini, mencetak gol melalui tembakan dari dalam kotak penalti pada menit ketiga.

Namun hal itu memicu respon cepat dari van Persie, yang menyamakan kedudukan dengan melepaskan sepakan voli menyambut umpan silang Patrice Evra.

Seperti van Persie, mantan bintang Borussia Dortmund, Shinji Kagawa, juga melakukan debut tim pertamanya di Old Trafford, dan ia menandai kesempatan ini dengan mencetak gol kedua United, dengan menyambar bola liar untuk menaklukkan Mark Schwarzer, yang sebelumnya membendung tembakan Tom Cleverly.

Bek United, Rafael da Silva, mencetak gol ketiga, empat menit sebelum turun minum, melalui tandukan menyambut umpan silang Ashley Young.

Gol bunuh diri Nemanja Vidic memberi secercah harapan pada Fulham, namun cederanya Rooney menjadi satu-satunya peristiwa penting pada sisa pertandingan.

Everton, yang kerap memulai musim dengan kurang meyakinkan, menjaga rekor 100 persen mereka dengan meraih kemenangan 3-1 atas Aston Villa, yang harus mengakhiri laga dengan sepuluh pemain.

Gelandang Afrika Selatan, Steven Pienaar, memberi pasukan David Moyes awal sempurna, ketika ia mencetak gol pada menit ketiga di Villa Park.

Marouane Fellaini, yang mencetak gol kemenangan Everton saat menghadapi Manchester United, memperbesar keunggulan timnya pada menit ke-31 melalui sundulan yang gagal dihentikan kiper Villa, Shay Given.

Pikiran apapun terhadap Villa untuk menghindari kekalahan kedua berturut-turut di bawah pelatih baru, Paul Lambert, berakhir sebelum turun minum, ketika penyerang Kroasia, Nikica Jelavic, mencetak gol dengan memanfaatkan umpan silang Leighton Baines.

Untuk menambah penderitaan Villa, bek Ciaran Clark mendapat kartu merah langsung karena profesional foul terhadap Jelavic pada babak kedua.

Gol pertama Karim El Ahmadi untuk Villa di menit ke-74, hanya merupakan sedikit hiburan bagi tuan rumah.

Andre Villas-Boas gagal mendapatkan kemenangan perdana sebagai manajer Tottenham Hotspur, ketika gol James Morisson di menit-menit akhir pertandingan membawa West Bromwich Albion mendapat hasil imbang 1-1 di White Hart Lane.

Benoit Assou-Ekotto mencetak gol untuk Tottenham pada menit ke-74, namun pasukan Steve Clarke mampu menyamakan kedudukan melalui Morrison.

Norwich dan QPR, yang keduanya dikalahkan 0-5 pada akhir pekan lalu, berbagi angka 1-1 di Carrow Road.

Pasukan Chris Hughton memimpin terlebih dahulu ketika Simeon Jackson menanduk umpan silang Anthony Pilkinton di menit ke-11.

Namun QPR mampu menyamakan kedudukan sembilan menit kemudian. Pelanggaran Sebastian Bassong terhadap Djibril Cisse berbuah penalti bagi QPR, dan meski kiper John Ruddy mampu melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan eksekusi penyerang asal Prancis itu, Bobby Zamora berada di tempat yang tepat untuk menyambar bola pantul.

Wigan memperlihatkan kemampuan mereka setelah ditinggal Victor Moses, ketika The Latics menang 2-0 atas Southampton.

Dengan bergabungnya penyerang asal Nigeria, Moses, ke kubu Chelsea pada Jumat, pelatih Wigan, Roberto Martinez, membutuhkan penyerang-penyerang lainnya untuk tampil bagus, dan Franco Di Santo mampu menjawab tantangan itu, ketika pemain Argentina itu melepaskan tembakan ke bagian atas gawang pada menit ke-51.

Arouna Kone melengkapi kemenangan Wigan melalui upaya solonya pada menit ke-89.

Pertandingan Sunderland melawan Reading terpaksa dibatalkan kurang dari 90 menit sebelum kick off, karena genangan air yang merendam lapangan Stadiun of Light.

Pada Sabtu malam, Chelsea menjamu Newcastle, sedangkan pada Minggu, Arsenal melawat ke markas Stoke, dan juara bertahan, Manchester City, dijamu Liverpool di Anfield.

(ANTARA/AFP)

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012