Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong menegaskan skuadnya wajib merebut tiket ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski saat ini berada di posisi keempat Grup A.

"Kami wajib lolos dari fase grup," ujar Shin di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7) malam.

Di Piala AFF U-19 2022, hanya dua tim terbaik dari Grup A dan B yang berhak melaju ke semifinal. 

Peluang Timnas Indonesia ke semifinal masih terbuka. Syaratnya, Indonesia mesti memenangkan dua laga pamungkas mereka di Grup A yakni kontra Filipina, Jumat (8/7) dan Myanmar, Minggu (10/7). Hasil imbang akan membuat pintu ke empat besar semakin tertutup.

Shin Tae-yong mengetahui benar situasi yang ada di hadapannya. Namun, setidak-tidaknya ada dua tantangan yang mesti dilewatinya demi mencapai target.

Pertama, gelandang andalan sekaligus kapten timnya, Marselino Ferdinan cedera dan diperkirakan tak bisa tampil lagi sampai Piala AFF U-19 2022 selesai.

Marselino merupakan figur penting di lini tengah skuad "Garuda Nusantara". 


Kedua, timnas U-19 Indonesia tidak tajam ketika menghadapi kesebelasan dengan kualitas tangguh.

Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Vietnam pada Sabtu (2/7) dan Thailand pada Rabu (6/7). Mereka "hanya" bisa melesakkan banyak gol ketika bersua Brunei Darussalam, Senin (4/7), yang berakhir dengan skor 7-0.

"Kami memang memiliki masalah penyelesaian akhir. Seharusnya masalah ini diselesaikan dengan keberadaan sistem pembinaan pesepak bola muda berkualitas bagus yang dapat menghasilkan penyerang-penyerang yang baik. Jadi kalau ada yang mengetahui penyerang bagus, beri tahu saya," tutur Shin.
 

Marselino absen panjang

Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan gelandang andalan Marselino Ferdinan kemungkinan absen hingga Piala AFF U-19 2022 berakhir karena cedera.

"Perasaan saya tidak enak melihat cedera Marselino. Sepertinya tidak bisa lagi bermain di turnamen ini," kata Shin dalam konferensi pers usai laga Grup A melawan Thailand di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu malam.

Marselino mengalami cedera pada ujung babak pertama dan harus ditandu keluar lapangan untuk kemudian digantikan Muhammad Ferarri.
Pelatih Korea Selatan itu memastikan akan mengecek kondisi Marselino Kamis di rumah sakit.

"Kami mesti mengetahui situasinya seperti apa," tutur Shin.

Absennya Marselino membuat Shin memutar otak untuk mengatur strategi baru tanpa pesepak bola berusia 17 tahun itu mengingat Marselino begitu penting untuk tim.

Tanpa pemain yang juga memperkuat timnas senior Indonesia itu, Shin mengaku skuad Garuda Nusantara kesulitan mengembangkan dan menjaga organisasi permainan.

"Saya akan memikirkan soal pengganti Marselino. Kami fokus pemulihan untuk pertandingan melawan Filipina, Jumat (8/7). Saya memerlukan waktu untuk memikirkan strategi dan taktik kami tanpa dia," kata pelatih timnas Korea Selatan dalam Piala Dunia 2018 itu.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Shin: Indonesia wajib lolos ke semifinal Piala AFF U-19

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022