Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menerima bantuan Rp200 juta dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk penanganan korban bencana banjir bandang dan longsor di Kecamatan Leuwiliang dan Pamijahan.

"Bantuan para relawan ini sangat membantu untuk memulihkan mental masyarakat. Kami sangat menunggu bantuan-bantuan dari yang lain supaya masyarakat tidak hanya dicukupi kebutuhan dasarnya saja," ungkap Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan saat menerima bantuan tersebut secara simbolis di Cibinong, Bogor, Selasa.

Menurut dia, segala bentuk bantuan untuk penanganan bencana dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, sebelum disalurkan ke lokasi-lokasi bencana agar tepat sasaran. 

Iwan menyebutkan Pemerintah Kabupaten Bogor tetap fokus membangun kembali infrastruktur yang rusak. 
Plt Bupati Iwan Setiawan saat menerima bantuan tersebut secara simbolis di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/7/2022). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Sementara itu Anggota BPKH Bidang Kesekbanan dan Kemaslahatan, Rahmat Hidayat menjelaskan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan Rumah Zakat untuk menyalurkan bantuan di Kabupaten Bogor.

Dana tunai diserahkan ke Rumah Zakat, kemudian membelanjakannya untuk korban bencana, di antaranya kebutuhan dapur, makanan, logistik, perlengkapan kesehatan, serta kebutuhan mendesak lainnya. 

Rahmat menegaskan uang yang didonasikan bukan merupakan dana haji, melainkan dana manfaat dari pengelolaan dana abadi jamaah haji.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Bogor terima bantuan BPKH Rp200 juta untuk penanganan bencana

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022