Klub Liga Inggris Newcastle United segera merampungkan proses transfer bek Sven Botman dari Lille setelah sang pemain menyelesaikan tes medis di Tyneside, Senin waktu setempat. Sementara itu penjaga gawang Alphonse Areola mengatakan dirinya senang bisa meneken kontrak secara permanen di klub Liga Inggris West Ham pada bursa transfer pemain musim panas ini.

Dikutip dari Sky Sports, Selasa, Newcastle United menggelontorkan dana sebesar 35 juta poundsterling atau sekitar Rp635 miliar untuk meyakinkan Lille melepas Botman pada bursa transfer pemain musim panas ini.

Botman akan menjadi rekrutan ketiga Newcastle United pada bursa transfer pemain musim panas ini setelah sebelumnya mempermanenkan bek sayap Matt Targett dari Aston Villa dan mendaratkan penjaga gawang Nick Pope dari Burnley.

Pemain asal Belanda itu merupakan target nomor satu pelatih Newcastle United Eddie Howe untuk memperkokoh lini pertahan mereka pada bursa transfer pemain musim panas ini.

Newcastle United sebelumnya telah mencoba untuk mendaratkan Botman pada bursa transfer pemain Januari lalu, namun negosiasi yang dilakukan dengan Lille berjalan terlalu rumit.

Keberhasilan Newcastle ini mengalahkan pesaing mereka yang lain, AC Milan yang juga berkeinginan untuk mendapatkan jasa Botman pada bursa transfer musim panas ini.

Sama seperti Newcastle, AC Milan telah berambisi untuk mendatangkan Botman sejak Januari lalu, terlebih saat itu Rossonerri harus kehilangan bek Simon Kjaer yang dibekap cedera lutut serius dan membuat pemain asal Denmark itu absen hingga akhir musim ini.
Sven Botman dibeli Lille dari akademi Ajax dengan biaya 8 juta euro atau sekitar Rp130 miliar pada 2020, dan ia menjadi salah satu pemain penting Lille ketika mereka mengamankan gelar Liga Prancis pada musim 2020/21.

Selama membela Lille, pemain berusia 22 tahun tersebut mampu menorehkan 79 penampilan di berbagai ajang dan menyumbangkan tiga gol serta dua assist.


West Ham permanenkan kiper

Kiper Alphonse Areola mengatakan dirinya senang bisa meneken kontrak secara permanen di klub Liga Inggris West Ham pada bursa transfer pemain musim panas ini.

"Saya merasa bagus, saya merasa hebat, saya senang bisa meneken dan senang untuk bertahan di sini secara permanen dan saya tidak sabar untuk mulai berlatih dan melalukan pekerjaan," ungkap Areola, dikutip dari Sky Sports, Selasa.

Areola pada musim lalu menjalani peminjaman dengan opsi pembelian dari Paris Saint-Germain (PSG) di West Ham dan menjadi salah satu sosok penting keberhasilan The Hammers menembus semifinal Liga Europa dengan mencatatkan 8 penampilan serta menorehkan lima kali tidak kebobolan.

Penjaga gawang asal Prancis itu tercatat tampil sebanyak 15 pertandingan untuk West Ham di berbagai ajang dan menorehkan 8 kali clean sheet dari total 1.680 menit bermain.

Areola menjelaskan, salah satu alasannya memilih untuk bertahan di London Stadium karena dirinya merasakan cinta dari suporter musim lalu dan hal itu merupakan perasaan yang penting.
"Saya tahu bahwa saya harus melakukan pekerjaan saya dan melakukan segalanya untuk membuat mereka bahagia, dan jelas juga tim, rekan satu tim saya, staf dan juga Xavi Valero. Suasana musim lalu sangat bagus, jadi saya hanya ingin melakukan segalanya untuk tetap di sini," terang Areola.

West Ham mengeluarkan dana sebesar 7,75 juta poundsterling atau sekitar Rp141 miliar untuk mempermanenkan Areola dari PSG dengan durasi kontrak lima tahun serta opsi perpanjangan satu tahun.

Pemain berusia 29 tahun itu menjelaskan, dirinya merasa nyaman selama berada di London timur dan menurutnya, West Ham telah menjadi keluarga kedua untuknya.

"Jelas, kami di sini setiap hari dan kami sering berbagi waktu bersama, jadi saya harus merasa nyaman dengan semua orang dan merasa mereka juga nyaman dengan saya, jadi saya hanya merasa nyaman di sini," ujar Areola.

Bertahannya Areola tentu akan menjadi tambahan kekuatan yang berarti untuk skuad asuhan David Moyes di mana pada musim depan West Ham akan kembali tampil di empat kompetisi.

Selain Liga Inggris, Piala FA dan Piala Liga Inggris, The Hammers akan tampil di Liga Conference setelah mereka mengamankan posisi 7 klasemen akhir Liga Premier 2021/22.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Newcastle United segera rampungkan transfer Sven Botman

Pewarta: Aldi Sultan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022