ANTARAJAWABARAT.com,2/8 - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis, meresmikan tiang pancang pengembangan Bandara Soekarno-Hatta sebagai upaya peningkatan kapasitas menjadi 62 juta perjalanan per tahun dan ditargetkan selesai pada 2014.

Peresmian tiang pancang dilangsungkan di kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta merupakan awal dari pengembangan salah satu bandara utama di Indonesia tersebut sebagai salah satu upaya mengikuti perkembangan pergerakan penumpang 51,5 juta pada 2011 dari daya tampung 22 juta pergerakan penumpang pertahun.

Acara peresmian tiang pancang pengembangan Bandara Soekarno-Hatta tersebut dihadiri juga oleh Wakil Presiden Boediono, menteri anggota Kabinet Indonesia Bersatu II.

Direktur Utama Angkasa Pura II Tri Sunoko dalam keterangan persnya mengatakan pengembangan bandara merupakan tuntutan perkembangan transportasi dan diharapkan bisa memberikan sumbangan pada pertumbuhan ekonomi.

Tri Sunoko menambahkan untuk mempercepat proses pembangunan hingga mencapai kapasitas ultimate bandara sebesar 62 juta pergerakan penumpang per tahun, maka perseroan akan menerapkan pola rancang dan bangun.

"Jadi kami tidak akan menunggu desain rinci dari grand design selesai terlebih dahulu lalu baru mulai membangun. Tetapi akan membuat desain rincinya per modulasi supaya bisa dikerjakan lebih cepat," katanya.

Grand Design Bandara Soekarno-Hataa diharapkan akan menjadi solusi untuk mengantisipasi perkembangan bandar udara selama kurun 20 tahun ke depan.

Angkasa Pura akan mempertahankan nilai-nilai landscape airside dan landside ramah lingkungan dalam pengembangan bandara yang mulai digunakan sejak era 1980an itu. ***2***

antara

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012