Setiap pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) dilibatkan dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.
 
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi di Bandung, Rabu, menuturkan para pejabat ini ditugaskan untuk menyebar di sejumlah sekolah untuk menjadi bagian dari pembina Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.
 
"Pejabat Disdik Jabar, mulai kepala sekolah, kepala seksi, kepala bidang, kepala cabang dinas, semuanya turun menjadi bagian dari pembina upacara di salah satu sekolah," ujar Dedi Supandi.
 
Dedi mengatakan pihaknya mengajak elemen pendidikan di Jawa Barat untuk memaknai Hari Kelahiran Pancasila 2022, mengingat Pancasila adalah pemersatu bangsa.
 
Dia berharap para pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar ini dapat memberikan arahan dalam upaya praktik-praktik baik pada pelaksanaan upacara nanti.
 
Menurut dia, tanggal 1 Juni menjadi hari yang sangat penting, sebab bertepatan dengan lahirnya dasar negara yang mempersatukan dari Sabang hingga Merauke.
 
"Jadi, para pejabat di Dinas Pendidikan Jabar memberikan arahan dalam upaya tentang praktik-praktik baik kaitannya dengan pembumian Pancasila di kalangan siswa," kata dia.
Untuk mengoptimalkan upaya tersebut, kata Dedi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan mendapat sambutan baik dari Polda Jawa Barat, dimana sejumlah Kapolres di wilayah hukum Jawa Barat menjadi pembina upacara di sekolah yang berada di wilayah masing-masing.
 
"Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Kapolda Jabar, dan alhamdulillah beliau menyambut baik pada pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022