ANTARAJAWABARAT.com, 6/7 - Objek wisata Kawah Putih, Patenggang, Ciwalini, dan Kampung Cai Rancaupas, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dikunjungi 10.000 wisatawan per hari selama dua pekan terakhir.

Manajer Pengelola Kawasan Pengelola Wisata Ciwidey Daius di Bandung, Jumat, mengatakan, sebagian besar pengunjung adalah anak-anak sekolah yang berlibur atau warga Bandung, Jakarta, Bogor bahkan dari Jateng yang sengaja datang untuk menikmati pesona alam Kawah Putih dan objek wisata lainnya.

Daius menyebutkan, pada hari-hari biasa jumlah pengunjung ke kawasan itu berkisar 800-1.000 orang per hari yang didominasi oleh warga Bandung dan sekitarnya. Namun para saat akhir pekan biasanya meningkat sepuluh kali lipat.

"Informasi tentang objek wisata di Bandung Selatan ini sudah cukup terpublikasikan, buktinya banyak wisatawan dari luar kota, bahkan dari Jateng dan Yogyakarta," katanya.

Lebih lanjut Daius menyebutkan, dalam dua tahun terakhir ini penataan dan pembangunan infrastruktur terus dilakukan. Selain membangun pasar seni dan kerajinan terpadu, juga menertibkan pedagang yang tidak bisa masuk ke lokasi objek wisata.

"Pedagang dikonsentrasikan di lokasi khusus, sedangkan objek wisata bebas dari pedagang asongan," katanya.

Daius menyebutkan, objek wisata unggulan kawasan itu adalah Kawah Putih dan Situ Patenggang. Namun belakangan Kampung Cai Rancaupas juga sudah menjadi obyek wisata yang diburu setelah dibangun fasilitas kolam renang air panas dan fasilitas hiburan keluarga lainnya.

"Pendapatan dari Kampung Cai Rancaupas saat ini sudah menembus Rp1 miliar lebih," katanya.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012