ANTARAJAWABARAT.com, 20/6 - Pengda PODSI Jawa Barat mengapresiasi sumbangan empat medali emas yang dipersembahkan atlet Jabar pada ajang Asian Beach Games (ABG) 2012 di Haiyan China.

"Sangat membanggakan atlet-atlet dayung Jabar bisa mempersembahkan empat medali emas di ABG. Diharakan mereka bisa mempertahankan penampilan di PON XVIII mendatang," kata Manajer Tim Dayung Jawa Barat, Eti Kusmiati di Bandung, Rabu.

Menurut Eti, Jabar menyumbang 20 atlet ke Asian Beach Games, sebagian besar berlaga di nomor perahu naga yang menjadi andalan Indonesia dan juga andalan Jawa Barat.

Ternyata, empat medali emas dipersembahkan di nomor perahu naga dimana tim Jabar mendominasi jumlah atletnya.

"Di Asian Games 2010 hanya tujuh pedayung di nomor perahu naga, sekarang menjadi yang terbesar," kata Eti Kusmiati.

Sukses para pedayung Jabar memperkuat Timnas ABG bukan kejutan, melainkan sudah diprediksi sebelumnya karena rata-rata pedayung perahu naga memiliki performance yang cukup selama latihan.

Meski tidak menjanjikan apapun bagi keberhasilan atlet Jabar di ajang ABG, namun PODSI Jabar menyatakan para atletnya sudah mulai menemukan puncak penampilannya.

"Setelah berlaga di ABG, mereka akan langsung masuk sentralisasi Pelatda Dayung Jabar di Jatiluhur, Juli mendatang rencananya akan mengikuti kejuaraan di Penang Malaysia," kata Eti.

Pelatda Sentralisasi atlet Jabar digelar di Bendungan Jatiluhur Purwakarta yang akan digelar hingga 25 Austus 2012. Selanjutnya tim akan berangkat lebih awal ke Riau untuk melakukan aklimatisasi.

Tim dayung Jawa Barat menargetkan meraih 12 medali emas, atau mempertahankan raihan di PON XVII/2008. Cabang dayung menyumbang atlet terbanyak bagi Kontingen PON Jabar yakni sebanyak 56 atlet dan 12 pelatih.***3***

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012