ANTARAJAWABARAT.com,14/6 - Baju Batik Trusmi Cirebon akan menjadi seragam devile Kontingen Jawa Barat pada upacara pembukaan PON XVIII/2012 di Provinsi Riau, 9 September 2012.

"Kami sudah tetapkan seragam untuk devile pada Upacara Pembukaan PON XVIII/2012 menggunakan corak Batik Trusmi Cirebon," kata Ketua Umum KONI Jawa Barat, H Azis Syarif di Bandung, Jumat.

Menurut Azis, penggunaan baju batik lengan panjang pada acara resmi pembukaan pesta olahraga nasional itu merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan batik asal Jawa Barat kepada masyarakat umum.

Baju Batik Cirebonan yang akan dipakai oleh Kontingen PON XVIII/2012 Jabar berwarna dasar biru serta corak batik kuning emas. Sedangkan bawahannya menggunakan celana kain hitam.

"Kami sudah pesan sekitar 1.200 pcs baju batik itu, untuk seluruh anggota kontingen Jabar, termasuk bagi pejabat VIP Jabar yang akan hadir pada acara pembukaan PON XVIII/2012," kata Azis.

Penggunaan baju batik khas alah satu daerah sentra batik di Jawa Barat itu merupakan yang pertama kalinya, selama ini Kontingen Jabar mengenakan seragam jas lengkap dengan topi dan sepatu kulitnya.

Batik Trusmi merupakan batik yang dikembangkan oleh masyarakat di Kampung Trusmi Kota Cirebon dan telah menjadi salah satu batik unggulan di provinsi itu.

Selain menggunakan batik asli Jabar, KONI Jabar juga menggunakan apparel atau kostum olahraga dari Villour Sport yang merupakan aparel asli dari Kota Bandung.

"Kita manfaatkan produk lokal untuk mendukung PON XVIII/2012, selain kualitasnya tidak kalah juga dari sisi harga lebih hemat," kata Ketua Umum KONI Jawa Barat itu menambahkan.***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012