Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyatakan jalur mudik pantai utara (Pantura) yang berada di daerah tersebut, khususnya wilayah timur, masih minim penerangan jalan umum (PJU), sehingga gelap ketika malam hari tiba.

"Masih banyak jalur mudik yang belum terpasang PJU, terutama di Cirebon timur," kata Kabid Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon Hilman Firmansyah di Cirebon, Senin.

Baca juga: Pemerintah perlu antisipasi titik rawan di jalur mudik Pantura

Hilman mengatakan jalur Pantura Cirebon, yang masih belum terpasang PJU, berada di sekitar Kanci sampai dengan Losari yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah.

Di jalur tersebut, terdapat beberapa titik PJU, tetapi penerangan masih sangat minim, karena ketika malam hari sepanjang jalur tersebut gelap, sehingga pengendara hanya bisa mengandalkan penerangan dari kendaraan saja.

Untuk itu, lanjut Hilman, pihaknya mengimbau kepada para pengendara, agar berhati-hati ketika melintas di jalur tersebut.
"Yang belum terpasang PJU itu di sekitar Kanci, Pangenan, hingga Gebang, jadi saat malam gelap," tuturnya.

Hilman menambahkan penambahan PJU di jalur tersebut merupakan kewenangan dari Pemerintah Pusat, karena terdapat di jalur nasional, sehingga pihaknya hanya bisa berkoordinasi dan mengusulkan saja.

Menurut dia, PJU di Kabupaten Cirebon yang terpasang baru 13 ribu titik, dan masih dibutuhkan sekitar 14 ribu titik lagi, agar jalan yang berada di wilayah Jawa Barat paling timur itu bisa terang.

"PJU di kita batu terpasang 13 ribu titik, baik di jalan Nasional, Provinsi, maupun Kabupaten, masih kurang banyak," katanya.

Baca juga: Polisi sebut jalan di Pantura Cirebon rawan kecelakaan

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022