ANTARAJAWABARAT.com,19/4 - Bupati Garut Aceng HM Fikri mengajukan dua nama calon Wakil Bupati Garut dari partai politik dan perseorangan pada rapat paripurna istimewa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis.

Bupati mengajukan dua nama calon wabup Garut yakni Agus Hamdani dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga menjabat sebagai anggota DPRD Garut dan Usep Jaenal Arifin seorang pengusaha dari calon perseorangan.

"Kami menjatuhkan pemilihan dua orang, berdasarkan rapat, kami ajukan pertama Agus Hamdani menjabat anggota DPRD fraksi PPP, kedua Usep Jaenal Arifin pengusaha," kata Bupati.

Rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD Garut masa jabatan 2009-2014 pengganti antar waktu dihadiri seluruh anggota DPRD, sejumlah elemen masyarakat dan pendukung calon wabup.

Pengajuan dua nama calon wabup Garut itu, kata Aceng berdasarkan peraturan perundang-undangan bahwa Bupati memiliki kewenangan mencari pendamping sebagai wakil untuk memimpin pemerintah daerah.

Sejak putusan pemberhentian jabatan Wakil Bupati Garut, Dicky Chandra, 29 November 2011 oleh Menteri Dalam Negeri, Bupati mengaku sudah berupaya untuk menindaklanjuti mencari pengganti.

Anggapan proses pengajuan dua calon Wabup Garut yang berlangsung cukup lama, kata Bupati bukan sesuatu yang mudah atau sederhana karena harus menjalani mekanisme agar tidak timbul permasalahan menyalahi aturan.

Sebelum penetapan dua nama calon Wabup Garut, Bupati mengaku telah melakukan konsultasi dengan unsur penyelenggara pemerintah daerah terkait pengisian kekosongan wakil kepala daerah.

Bahkan Bupati menyatakan dalam rapat paripurna telah konsultasi dengan DPRD sebagai bagian dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Kami juga konsultasi dengan masyarakat, meminta pemikiran konstruktif, sehingga kami mendapatkan keyakinan menetapkan dua nama calon Wakil Bupati Garut," jelas Aceng.

Sebelum ditetapkan dua nama calon, Bupati mengaku sempat menerima pengajuan secara tertulis maupun lisan dari berbagai kalangan parpol maupun pengusaha.

Namun pihak yang menyatakan diri ingin menjadi wabup Garut tersebut, kata Bupati seluruhnya sudah diminta untuk melengkapi segala administrasi, tetapi yang lolos dan dinyatakan terbaik hanya dua nama yakni Agus dan Usep.

"Kami pandang sebagai putra terbaik Garut dan memiliki kapasitas untuk membangun Garut," jelas Aceng.

Selanjutnya setelah mengajukan dua nama calon Wabup, Bupati menyerahkan sepenuhnya kepada DPRD Garut untuk memilih salah satu dan diumumkan kembali melalui sidang parpurna.***1***

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012