PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, menyediakan vaksinasi dosis ketiga gratis di Klinik Mediska, untuk calon penumpang yang belum divaksin penguat.

"Untuk vaksinasi dosis ketiga kita sediakan di Klinik Mediska Cirebon yang berada di samping Stasiun Cirebon," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Suprapto di Cirebon, Kamis.

Baca juga: KAI Cirebon: Penumpang sudah sudah "booster" tak perlu tes COVID-19

Suprapto mengatakan vaksinasi dosis ketiga itu disediakan berkat kerja sama antara KAI Cirebon dengan Dinas Kesehatan Kota Cirebon, untuk para calon penumpang kereta api.

Menurutnya, selain vaksinasi dosis ketiga, di Klinik Mediska Cirebon, juga melayani vaksinasi dosis pertama, dan kedua bagi para calon penumpang. Sedangkan jam operasi vaksinasi COVID-19 di Klinik Mediska Cirebon, lanjut Suprapto yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Jumat.

"Hari operasinya untuk vaksinasi yaitu Senin, Rabu, dan Jumat, mulai jam 09.00 sampai dengan 14.00 WIB," katanya.
Suprapto menambahkan mulai 5 April 2022 terdapat peraturan baru terkait persyaratan perjalanan menggunakan jasa kereta api sesuai Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 39 Tahun 2022.

Peraturan tersebut lanjut Suprapto, jika penumpang kereta api jarak jauh yang sudah vaksin ketiga tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening COVID-19.

Baca juga: KAI Cirebon buka pemesanan tiket kereta api H-45 sebelum keberangkatan

Sementara jika baru vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam, dan vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

"Sedangkan jika belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam," ujarnya.

Sementara pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen atau RT-PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022