Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Panitia Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 mengatakan pada Senin tak ada kasus baru COVID-19 ditemukan di antara personel Olimpiade pada 20 Februari.

Baca juga: Kabar terbaru pandemi COVID-19 dunia

* Mayoritas warga Jepang berpendapat kemajuan program suntikan dosis booster vaksin COVID-19 terlalu lambat, menurut sebuah jajak pendapat. Mereka juga punya pendapat beragam tentang cara Perdana Menteri Fumio Kishida menangani pandemi, termasuk keputusannya untuk melonggarkan aturan perbatasan pekan lalu.

Timur Tengah dan Afrika

* Israel akan mulai mengizinkan masuk semua wisatawan, terlepas dari status vaksinasinya, mulai 1 Maret, menurut pernyataan dari kantor perdana menteri. Pelancong ke negara itu masih akan diwajibkan menjalani dua kali tes PCR, sekali sebelum terbang dan sekali lagi setelah mendarat.

Amerika

* Polisi mulai menderek truk-truk dari pusat kota Ottawa dan menangkap demonstran untuk mengakhiri aksi yang telah memblokade ibu kota Kanada itu selama tiga pekan dan mempermalukan pemerintah.
* Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Jumat situasi darurat nasional akibat pandemi yang berlaku sejak Maret 2020 akan diperpanjang hingga 1 Maret karena kesehatan publik masih terancam oleh virus corona.

* Regulator kesehatan AS mempertimbangkan untuk menyetujui pemberian dosis keempat vaksin COVID pada musim gugur, Wall Street Journal melaporkan.

Baca juga: Kabar terkini pandemi COVID-19 di dunia

* Para undangan di acara Piala Oscar ke-94 pada Maret akan diharuskan menunjukkan bukti vaksinasi dan sedikitnya dua hasil negatif tes PCR, menurut seorang sumber.

Eropa

* Kementerian kesehatan Italia telah menyarankan agar orang-orang dengan gangguan sistem imun mendapatkan dosis keempat vaksin COVID-19 mRNA, minimal 120 hari setelah dosis booster.

* Pencabutan aturan tes dan isolasi COVID di Inggris akan memicu pertumbuhan epidemi yang cepat karena perilaku orang-orang berubah lebih cepat daripada sebelumnya selama pandemi, kata penasihat pemerintah.

Perkembangan Medis

* Peneliti Malaysia menemukan bahwa pengobatan dengan anti-parasit ivermectin tidak mencegah pasien COVID dari penyakit parah dalam sebuah uji klinis acak yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine.

* Moderna telah mengajukan paten di Afrika Selatan untuk vaksin COVID-19 buatannya. Pengajuan itu memicu kekhawatiran di kalangan badan amal bahwa perusahaan itu bisa mencegah produksi vaksin mRNA buatannya di Afrika, meskipun juru bicara Moderna mengatakan mereka tidak berencana seperti itu.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kabar terkini pandemi COVID-19 di dunia

Pewarta: Anton Santoso

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022