ANTARAJAWABARAT.com, 18/1 - Sejumlah petani di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, beberapa bulan lalu tanam jagung khusus pakan ternak dengan luas sekitar 100 hektare kini mereka mulai panen untuk memenuhi pesanan.

"Sejumlah petani yang bebera bulan lalu tanam jagung pesanan pakan ternak kini mereka mulai panen, hasilnya dikirim ke daerah peternakan sapi seperti Kabupaten Bogor, Bandung," Kepala Seksi Produksi Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Indramayu Ir Anang kepada wartawan di Indramayu, Rabu.

Ia menambahkan, lahan pertanian di Kecamatan Kroya Indramayu cocok ditanam berbagai jenis tanaman semusim seperti jagung, sayuran, ubi-ubian, cabai, selain itu kawasan tersebut bebas banjir sehingga petani aman dan bisa panen tanpa kendala.

Menurut dia, petani Pantura tanam jagung pesanan pakan ternak sapi masih menguntungkan karena mulai dari batang, daun, hingga buah jagung dibutuhkan, diperkirakan musim tanam berikutnya akan ditambah lahan karena permintaan dari sejumlah peternak peluangnya masih menjanjikan.

Tanaman jagung khusus untuk pakan ternak mudah perawatannya juga perkembangannya cukup singkat, sehingga modal tanam mereka cepat kembali, selain itu pupuk yang digunakan bebas karena bukan permintaan ekspor, petani bisa memanfaatkan pupuk kandang.

Ia menjelaskan, usia tanaman jagung khusus ternak sapi hanya butuh waktu kurang dari 40 hari, cukup singkat dibandingkan tanam padi selain itu tanaman tersebut hemat air bisa dikembangkan di Pantura saat musim kemarau karena pesisir pantai sering mengalami kekeringan.

Sementara itu Sujono petani Indramayu mengaku, tanam jagung pesanan ternak sapi mudah dan praktis perawatanya, selain itu modal tanam hemat diperkirakan hasil panen mereka akan untung karena dijual mulai dari batang, daun, buah.

Ia menambahkan, usaha pengembangan berbagai jenis tanaman singkat seperti jagung pakan ternak sapi harus terus dikembangkan karena lahan pertanian di Indramayu masih potensial sehingga membantu kesejahteraan mereka.

Yanto petani lain menuturkan, lahan pertanian di pesisir Pantura Indramayu masih subur juga potensial untuk dikembangkan berbagai jenis sayuran, buah-buahan, bawang merah sehingga bisa meningkatkan daya beli masyarakat Pantura.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012