Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Pembatasan "nol-COVID" China dapat membebani pertumbuhan ekonomi dunia karena memperpanjang gangguan pada rantai pasokan dan tekanan inflasi global, kata seorang pejabat Bank of Japan, Rabu.

Baca juga: Info terkini pandemi COVID-19 dunia

* Seorang lansia yang terinfeksi COVID-19 di Hong Kong meninggal pada Selasa, kata Otoritas Rumah Sakit setempat. Kasus itu adalah kematian pertama yang terkait dengan COVID-19 dalam lima bulan terakhir ketika kota itu berjuang mengatasi wabah yang memburuk.

* Panitia Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 mengatakan pada Rabu sebanyak lima kasus baru COVID-19 ditemukan di antara personel olimpiade pada 8 Februari.

* Ratusan orang yang memprotes mandat vaksin dan pembatasan pandemi memblokade jalan-jalan di luar parlemen Selandia Baru dengan truk dan mobil karavan, meniru demonstrasi serupa di Kanada.
Timur Tengah dan Afrika

* Uganda, negara dengan tingkat vaksinasi yang rendah, tengah menyiapkan peraturan untuk mewajibkan vaksin COVID-19, kata pejabat kesehatan.

Baca juga: Kabar terkini pandemi COVID-19 di dunia

Amerika

* Brazil mencatat 177.027 kasus baru dan 1.189 kematian akibat COVID-19 dalam 24 jam terakhir, kata kementerian kesehatan setempat, Selasa.

* Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mendukung pedoman pemakaian masker bagi sekolah-sekolah dasar dan menengah umum ketika kasus COVID-19 secara nasional tetap tinggi, meskipun sejumlah negara bagian berencana melonggarkan aturan masker, kata Direktur CDC Dr. Rochelle Walensky kepada Reuters.

Eropa

* Pemerintah Italia mencabut kewajiban memakai masker di luar ruangan sebagai respons atas situasi COVID-19 yang terus membaik. Mereka juga mengatakan akan meningkatkan batas jumlah penonton di stadion-stadion.

* Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan dia telah tertular COVID-19 namun tetap bekerja dari jarak jauh.
Perkembangan Medis

* Inisiatif global bagi negara-negara miskin untuk mendapatkan alat tes, pengobatan dan vaksin COVID-19 hanya menerima 5 persen donasi yang akan didistribusikan tahun ini, menurut Organisasi Kesehatan Dunia dan kelompok-kelompok bantuan lain.

* Temuan varian Omicron pada rusa ekor putih di New York telah meningkatkan kekhawatiran bahwa hewan itu, yang populasinya mencapai 30 juta di AS, dapat menjadi inang dari varian baru virus corona, kata seorang peneliti, Selasa.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kabar terkini pandemi COVID-19 di dunia

Pewarta: Anton Santoso

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022