Wali Kota Depok Mohammad Idris mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai antisipasi adanya lonjakan kasus COVID-19.

“Seluruh masyarakat harus mendisiplinkan lagi 5M, dimulai dari sendiri, keluarga, lingkungan rumah, lingkungan kerja dan di tempat-tempat umum,” kata Mohammad Idris menanggapi kembali naiknya angka COVID-19 di Depok, Jumat.

Baca juga: Disdik Kota Depok pastikan penilaian akhir semester SD sesuai prokes

Adapun 5M yang dimaksud yaitu mencuci tangan memakai sabun atau menggunakan penyanitasi tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Mohammad Idris mengharapkan kepada masyarakat untuk tidak lengah dan mengabaikan protokol kesehatan.

Selain itu, mematuhi kebijakan PPKM terutama untuk menghindari kerumunan dan kepatuhan terhadap persentase kegiatan di tempat umum.
Idris juga mengingatkan untuk terus menjalankan norma-norma agama. Serta meningkatkan ibadah dan memperbanyak doa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa.

Baca juga: PTM terbatas dihentikan jika ada pelanggaran prokes, kata Wawali Depok

“Keberhasilan melawan pandemi COVID-19 ini sangat tergantung kepada kedisiplinan kita dalam menerapkan protokol kesehatan secara optimal, dan memperbanyak doa serta ibadah,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat mencatat kenaikan kasus COVID-19 per tanggal 27 Januari 2022, terjadi kenaikan yang signifikan pada kasus konfirmasi harian.

Pada Kamis (27/1), terdapat penambahan sebanyak 406 kasus konfirmasi. Dengan demikian, totalnya menjadi 108.018 kasus konfirmasi.

Sementara itu, pasien sembuh tidak mengalami penambahan, sehingga totalnya ada 103.760 orang atau 96,06 persen.
Sedangkan, kasus konfirmasi aktif naik 405 kasus dari hari sebelumnya. Lalu, suspek aktif 0 kasus, kontak erat aktif bertambah 19 kasus, serta pasien probabel aktif 0 kasus atau tidak ada.

Dalam data tersebut juga terdapat penambahan pasien meninggal sebanyak 1 kasus. Dengan demikian total keseluruhan bertambah menjadi 2.173 orang.

Baca juga: Wakil Wali Kota Depok ingatkan sekolah gelar PTM patuhi aturan prokes

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022