ANTARAJAWABARAT.com 24/10 - Seorang siswa kelas 8 SMPN 2 Jalancagak, Subang, Jawa Barat, menjadi salah satu kandidat pembawa obor untuk Olimpiade London, Juli 2012.
        Sandi Suherman merupakan salah seorang siswa berprestasi di sekolah tersebut dan pernah menempati posisi ketiga dalam Kejuaraan Pencak Silat se-Jawa Barat 2011.
        Menurut kepala sekolah, Kriswati, keterpilihannya Sandi sebagai kandidat lantaran Sandi pernah mengikuti program International Inspiration yang dilaksanakan oleh British Council di Jakarta pada Oktober 2010.
        "Banyak perubahan yang terjadi pada Sandi setelah mengikuti program tersebut. Selain bisa mendapatkan peluang untuk membawa obor pada Olimpiade London 2012, secara individu kepribadiannya pun semakin berkembang," kata Kriswati ketika ditemui di SMPN Jalancagak, Subang, Senin.
        Selama empat hari, Sandi mendapatkan berbagai pelatihan tentang olahraga dan kepemimpinan.
        Sandi mengaku, sebelumnya dia adalah siswa yang pemalu dan tidak mudah bersosialisasi dengan lingkungan baru. Namun, setelah mengikuti kegiatan itu, Sandi merasa lebih percaya diri.
        "Dulu saya pemalu. Kalau sekarang saya jadi makin percaya diri," katanya ketika ditemui di SMPN 2 Jalancagak, Subang.
        Sandi menuturkan, dirinya dihubungi British Council bahwa dirinya termasuk ke dalam 12 kandidat dari Indonesia. Sandi kemudian harus mengikuti tahap seleksi yang dilakukan melalui pesan elektronik (e-mail) dengan mengisi formulir sebagai kandidat.
        "Saya disuruh mengisi formulir yang berisi tentang data diri seperti olahraga apa yang saya suka dan apa motivasi saya untuk menjadi pemegang obor, seperti itu," kata Sandi.
        Saat ini Sandi masih menunggu hasil seleksi yang akan diumumkan pada Februari tahun depan.
        Sementara itu Kriswati menuturkan, pada saat pelaksanaan Olimpiade London 2012 berlangsung, kegiatan serupa yaitu mini Olimpiade juga akan serentak digelar di sejumlah sekolah mitra di 20 negara di dunia.
        "Salah satunya di sekolah ini (SMPN 2 Jalancagak-red). Olimpiade mini permainan dan olahraga juga akan dilaksanakan," katanya.
        Sekolah mitra tersebut tersebar di sejumlah kota dan daerah di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Subang.
          
-achie-

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011