Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung berupaya mendongkrak pemulihan ekonomi dengan memberi ruang pameran secara online atau daring bagi 150 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah Oded mengatakan selama pandemi COVID-19 ini, omzet para pelaku UMKM cukup terdampak. Untuk itu, pihaknya menggandeng salah satu platform jual beli daring dalam gelaran bertajuk Beli Lokal Fest.

“Kegiatan hari ini adalah merupakan salah satu bentuk dukungan yang kita berikan kepada pelaku atau pengrajin yang ada di Dekranasda,” kata Siti di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Menurutnya 150 pelaku UMKM peserta pameran Beli Lokal itu merupakan para pelaku UMKM yang telah telah mengikuti proses kurasi.

Dia pun memastikan 150 pelaku UMKM yang menjadi peserta pameran, atau produk-produk yang dihadirkan dalam pameran tersebut merupakan asli dari Kota Bandung.

Selain itu, Siti mengatakan pihak Dekranasda akan terus menghadirkan inovasi dan kreativitas sebagai wadah yang menampung para pengrajin dan pelaku usaha pemula.

Di antaranya, kata dia, inovasi itu dihadirkan melalui berbagai program dan pelatihan bagi para anggotanya agar mampu menembus pasar lokal, nasional, regional bahkan internasional.

“Kita berusaha agar pengrajin lebih percaya diri dengan produknya. Kita memberikan pelatihan untuk membuat manajemen perencanaan yang lebih baik lagi serta memaksimalkan pasar dari Kota Bandung sendiri,” kata dia.

Baca juga: 54 sekolah di Kota Bandung bisa kembali laksanakan pembelajaran tatap muka

Baca juga: DLHK Bandung pastikan angkutan sampah ke TPA normal

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021