Berikut ini adalah kabar terbaru tentang pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Jumlah kasus harian COVID-19 di Selandia Baru pada Sabtu menembus angka 200 untuk pertama kalinya selama pandemi ketika negara itu bergegas memvaksinasi lima juta penduduknya.

* Korea Selatan setuju untuk membeli 70 ribu paket pil antivirus eksperimental buatan Pfizer untuk mengobati COVID-19.

* Jepang mencatat nol kematian akibat COVID-19 untuk pertama kali dalam setahun lebih pada Minggu.

Amerika

* Amerika Serikat bersiap menghadapi antrean panjang di bandara dan keterlambatan penerbangan pada Senin ketika pembatasan perjalanan internasional dihapus bagi warga AS yang telah divaksin COVID-19.

* Pengadilan banding federal AS pada Sabtu mengeluarkan perintah penundaan terhadap aturan pemerintah yang mewajibkan karyawan perusahaan dengan jumlah pekerja minimal 100 orang untuk mendapatkan vaksin COVID-19 atau menjalani tes mingguan. Pengadilan menyebut ada masalah "hukum dan konstitusi serius" dalam aturan itu.

* Warga Meksiko yang harus melewati perbatasan darat AS untuk bekerja atau bersekolah bergegas mendapatkan vaksin COVID-19 yang diakui di AS. Pemerintah AS akan memberlakukan aturan baru mulai pekan depan, 20 bulan setelah menutup perbatasan bagi pelaku perjalanan non-esensial.

* Anak-anak usia lima tahun ke atas di Kosta Rika harus menjalani vaksinasi COVID-19 sesuai aturan baru kementerian kesehatan setempat.

Eropa

* Ketiga partai politik di Jerman yang bersepakat membentuk pemerintah koalisi pada awal Desember akan menyampaikan usulan untuk memerangi gelombang keempat pandemi di negara itu pada Senin.

* Italia mencatat 31 kematian COVID-19 pada Sabtu, turun dari 51 pada hari sebelumnya. Jumlah kasus baru dilaporkan bertambah 6.764, persis sama dengan hari sebelumnya.

* Rusia pada Sabtu melaporkan 41.335 kasus baru dalam 24 jam terakhir, rekor harian tertinggi selama pandemi.

Perkembangan Medis

* Pil antivirus eksperimental untuk mengobati COVID buatan Pfizer memangkas hingga 89 persen peluang rawat inap atau kematian pada orang dewasa yang rentan terkena penyakit parah. Pfizer menjanjikan ketersediaan obat itu secara global sesegera mungkin.

* Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS telah mengizinkan penggunaan dua batch tambahan vaksin COVID-19 dosis tunggal Johnson & Johnson yang diproduksi di pabrik Emergent BioSolutions di Baltimore yang bermasalah.

Dampak Ekonomi

* Pertumbuhan ekspor China pada Oktober melambat namun angkanya mengalahkan prediksi. Hal itu berkat kenaikan permintaan global menjelang liburan musim dingin, meredanya krisis listrik, dan peningkatan rantai pasokan yang sebelumnya terhantam parah oleh pandemi.

Sumber: Reuters


 

Pewarta: Anton Santoso

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021