ANTARAJAWABARAT.com, 4/8 - Mantan Pelatih Timnas PSSI Alfred Riedl dinilai sangat mumpuni untuk melatih tim "Maung Bandung" Persib pada musim kompetisi tahun depan.

"Agen Riedl sudah menyampaikan penawarannya untuk melatih Persib, namun itu baru tawaran. Masih ada sejumlah pelatih lainnya yang menawarkan diri, yang pasti akan ditentukan setelah rapat tim kecil Persib," kata Anggota Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara di Bandung, Rabu.

Menurut Kuswara boleh-boleh saja pelatih manapun menawarkan diri untuk melatih Persib karena pihaknya hingga saat ini belum menetapkan pelatih yang akan melatih tim Maung Bandung.

Terkait kemungkinan menggandeng Rahmad Darmawan yang saat ini mendapat tugas melatih Timnas PSSI U-23 untuk SEA Games, Kuswara tidak berkomentar banyak. Isu santer mengarah ke Rahmad Darmawan, namun sejauh ini belum ada kepastian.

Terlepas dari isu tersebut, nama Alfred Riedl sangat layak dipertimbangkan untuk melatih Eka Ramdani dkk. Pelatih asal Austria itu telah membuktikan kapasitasnya membawa Timnas PSSI menempati peringkat kedua Piala AFF.

Persib saat ini membutuhkan sosok pelatih yang memiliki karakter dan punya pengalaman sukses dalam membawa tim asuhannya.

Riedl memiliki pengalaman mengamati tim-tim peserta Liga Super Indonesia (LSI) serta sejumlah pemain kunci di Indonesia sehingga menjadi nilai tambah bagi pelatih itu.

Termasuk Persib Bandung, bukan tim asing bagi Riedl karena beberapa pemain asuhannya saat di Timnas PSSI berasal dari Persib seperti Maman Abdurahman, Atep, Eka Ramdani, Nova Aryanto dan Christian Gonzales.

"Kita lihat saja nanti, yang jelas penunjukan pelatih merupakan langkah awal, selanjutnya menyusun tim," kata Kuswara.

Sebelumnya Persib melalui Manajer Persib H Umuh Muhtar sempat menyatakan timnya tidak akan menggunakan pelatih asing. Namun sebagai tim besar Persib tetap harus terbuka dalam mempersiapkan skenario pembentukan tim.

Tim Maung Bandung yang sudah dua musim melakukan swastanisasi, pada kompetisi mendatang telah mencanangkan target juara untuk musim depan.

Sejumlah sponsor dipastikan memperkuat posisi keuangan Persib yang pada tahap awal telah menyiapkan anggaran senilai Rp10 miliar untuk rekrutment pemain untuk musim depan.

-syarif-

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011