Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat berhasil meraih 10 penghargaan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jabar dalam kurun waktu 2021 sebagai bukti semangat pemerintah kota tetap bangkit dan berprestasi di tengah pandemi COVID-19.

"Penghargaan dan prestasi yang diraih Pemerintah Kota Tasikmalaya pada tahun 2021 telah menunjukkan bahwa dengan kebersamaan dan tekad yang kuat kita mampu bangkit dan pulih dari keadaan yang sulit ini," kata Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf saat upacara peringatan Hari Jadi ke-20 Kota Tasikmalaya di Balaikota Tasikmalaya, Minggu.

Ia menuturkan Kota Tasikmalaya masih dilanda wabah COVID-19 yang harus menjadi perhatian semua pihak untuk bersama-sama mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19.

Meski di tengah pandemi itu, kata dia, Kota Tasikmalaya tetap berusaha untuk bangkit dan memajukan kembali berbagai sektor sehingga perekonomian daerah kembali tumbuh.

"Walaupun dihadapkan dengan situasi pandemi COVID-19, Kota Tasikmalaya tetap mampu berbenah dan mengalami kemajuan yang sangat signifikan di berbagai sektor," katanya.

Ia menyampaikan upaya kerja keras Pemkot Tasikmalaya untuk tetap bangkit di tengah pandemi dibuktikan dengan diraihnya berbagai penghargaan dari pemerintah pusat maupun Provinsi Jawa Barat pada tahun 2021.

Jenis penghargaan yang diraih Pemkot Tasikmalaya yakni penghargaan predikat penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Selanjutnya Penghargaan Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, kemudian Penghargaan Pelayanan KB Sejuta Akseptor dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Penghargaan lainnya yakni meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas laporan keuangan Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk yang kelima kalinya secara berturut-turut.

Pemkot Tasikmalaya juga meraih Penghargaan Taat Pajak Tepat Waktu dari Gubernur Jawa Barat, Penghargaan Juara III MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat, Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Selanjutnya mendapatkan Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM, Penghargaan Terbaik ke-2 Kategori Kabupaten dan Kota Terbaik untuk Kota IHK dalam Pengendalian Inflasi dari Provinsi Jawa Barat, dan terakhir Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang diraih pada 13 Oktober 2021. 

Ia menyampaikan berbagai penghargaan itu sebagai bukti kerja keras bersama dan adanya orang pendahulu maupun pendiri hingga Kota Tasikmalaya saat ini genap 20 tahun.

"Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para pendahulu dan para pendiri Kota Tasikmalaya atas jasa dan pengabdian terbaik dalam membangun Kota Tasikmalaya serta kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya yang dengan tulus dan ikhlas telah memberikan sumbangsih demi kemajuan Kota Tasikmalaya," kata Yusuf.

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya luncurkan Mall Pelayanan Publik

Baca juga: Polisi Tasikmalaya tetapkan tersangka kasus miras oplosan akibatkan lima tewas
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021