Sebanyak 4.403 lebih orang peserta mulai mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk penempatan di lingkungan Pemerintah Kota Bogor sejak tanggal 4-10 Oktober 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, dalam rilis yang diterima ANTARA, Selasa, menyatakan dari 4.403 orang peserta 3.203 orang mengikuti tes di Gedung Tegar Berima Kabupaten Bogor dan 1.200 lebih peserta lainnya melakukan tes tersebar di kantor BKN wilayah Jakarta, Bandung dan lokasi lainnya.

Peserta diberikan keleluasaan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) bisa melaksanakan titik seleksi berdasarkan tempat tinggal atau domisili.

Syarifah memberikan arahannya agar lebih baik dalam mengikuti tes para peserta harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin.

Ia menekankan agar para calon PNS tidak mudah tergiur tawaran oknum yang menjanjikan untuk membantu kelulusan dalam mengikuti tes Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN.

"Doa orang tua yang menyertai adalah pendorong, selain ikhtiar maksimal dari diri pribadi. Yang utama tenang dalam mengerjakan soal-soal dan percaya diri. Doa saya dan seluruh tim, semoga pelaksanaannya sukses," kata Syarifah.

Menurutnya, pelaksanaan seleksi CASN sudah demikian transparan menggunakan teknologi informasi yang sudah lebih baik.

Karena itu, semua pihak yang terlibat dituntut transparansi dan akuntabilitas dan tetap memiliki ruang untuk menyampaikan protes jika ada pengaduan.

Pemantauan pelaksanaan tes senantiasa dilakukan pihak-pihak yang berkepentingan untuk memastikan pelaksanaan seleksi secara transparansi dan akuntabilitas, salah satunya Ombudsman.

"Semua terkoneksi, seperti laptop, kamera pengawas ke pusat dan hasilnya bisa langsung diperoleh. Tidak ada lagi permainan dengan uang atau nepotisme," tegas Syarifah.

Sementara itu, Perwakilan Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bandung Lia Rosalina menyampaikan seleksi CPNS Kota Bogor akan dibagi menjadi 19 sesi.

Setiap hari pelaksanaan seleksi CPNS dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB dan dibagi menjadi 3 sesi,terkecuali khusus untuk hari Jumat, hanya dua sesi.

Lia menambahkan, para peserta dapat melihat langsung hasil tes seleksi begitupun para orang tua maupun keluarga.

Mereka dapat melihat hasil seleksi melalui live Youtube streaming di kanal Youtube Kanreg III BKN Bandung.

Baca juga: Pemkot Bogor buka pendaftaran CPNS dan PPPK untuk 591 formasi

Baca juga: Tujuh pelamar CPNS Kota Bogor 2019 tidak ikuti SKD

Baca juga: Jabatan eselon II Pemkot Bogor yang lowong akan dilelang

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021