Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Miftahul Jannah Kranggan di Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, bersama Anggota DPR RI Intan Fauzi dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia yang telah memberikan pelayanan untuk Kota Bekasi dalam usaha di bidang tenaga kerja," katanya di Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

Rahmat mengatakan balai latihan kerja ini merupakan wadah bagi para pencari kerja lokal untuk meningkatkan kemampuan sebelum terjun ke dunia usaha maupun saat ditempatkan di tempat kerjanya.

Balai latihan ini juga sejalan dengan upaya pemerintah memulihkan perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19 melalui pemberdayaan sumber daya manusia khususnya bagi warga setempat yang baru lulus sekolah dan mencari lowongan pekerjaan.

"Kantor BLK ini membantu warga sekitar Kecamatan Jatisampurna khususnya dan warga Kota Bekasi pada umumnya dalam melakukan aktivitas latihan kerja sebelum menempati posisi di tempat kerjanya," katanya.

Dirinya mengaku telah menginstruksikan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi untuk mengoptimalkan fungsi balai latihan kerja demi menciptakan tenaga kerja lokal yang berdaya saing.

"Dinas Ketenagakerjaan Kota Bekasi akan terus menggiring anak didik usai lulus sekolah dan langsung menempatkan pada beberapa balai latihan kerja yang ada di Kota Bekasi sehingga warga Kota Bekasi memiliki keterampilan bekerja dan tidak putus asa dalam mencari kerja," ucapnya.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR Intan Fauzi atas aspirasinya mengajukan hasil resesnya kepada kementerian untuk kepentingan warga Kota Bekasi.

"Jangan hanya satu atau dua saja anggota DPR RI yang mengajukan sehingga program-program aspirasi dari rakyat bisa terpenuhi terutama terkait sarana dan prasarana untuk warga Kota Bekasi," katanya.

"Pada dasarnya aspirasi tersebut merupakan ajuan yang sangat bermanfaat untuk warga. Seperti balai latihan kerja ini yang berfungsi menampung warga yang lulus sekolah agar bisa melakukan keterampilan dalam bekerja," imbuh dia.

Intan Fauzi berharap keberadaan balai latihan kerja ini bisa dimanfaatkan secara optimal bagi warga Kota Bekasi terutama lulusan terbaru yang ingin mencari pekerjaan.

"Selain meningkatkan skill, balai latihan kerja ini bisa dimaksimalkan oleh pemerintah daerah dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," kata Anggota DPR dari Fraksi PAN itu.

Baca juga: Danrem 051 pantau vaksinasi COVID-19 di Bekasi

Baca juga: Dua bandar ganja diringkus polisi Bekasi
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021