Bandung, 5/4 (ANTARA) - Pendaratan perdana pesawat Airbus A-320 dari maskapai penerbangan Air Asia berlangsung mulus di landasan Husein Sastranegara, Kota Bandung, Selasa.

Pesawat bercat merah dan putih yang dipiloti Kapten Syahreza mendarat mulus pukul 10.07 WIB dan disambut Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan yang menunggu di ruang tunggu bandara itu.

Ikut dalam rombongan pendaratan pertama Airbus A-320 Air Asia tersebut Presiden Direktur Indonesia Air Asia Dharmadi, Dirut PT Angkasapura II, serta rombongan.

"Merupakan kebanggan bagi kami menjadi maskapai penerbangan pertama yang menghadirkan Airbus A-320 di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ini," kata Presdir Indonesia Air Asia.

Kehadiran pesawat berkapasitas 180 penumpang tersebut merupakan komitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan sektor pariwisata di Jawa Barat.

Menurut Dharmadi, kehadiran A-320 di Bandung akan mampu meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke kota yang terkenal dengan sebutan "Paris van Java" itu.

Pesawat yang didatangkan langsung dari pabrik Airbus di Toulouse Perancis pada Februari 2011 itu akan melayani rute Bandung - Kualalumpur.

"Tujuh tahun lalu, tepatnya 2004 kami merintis jalur Bandung - Kualalumpur dengan sekali penerbangan. Betapa saat ini belum ada maskapai penerbangan yang melirik rute yang sebenarnya potensial ini," katanya.

Tingginya potensi pasar rute Bandung - Kuala Lumpur dan Bandung - Singapura, mendorong perusahaan penerbangan itu membuka rute lain, yakni Bandung Denpasar dan Bandung Medan.

"Saat ini 'load factor' rute Bandung - Kualalumpur dan Singapura di atas 80 persen. Permintaan masyarakat yang begitu besar mendorong kami membuka lebih banyak lagi penerbangan ke Bandung," kata Dharmadi.

Presdir Indonesia Air Asia itu menyebutkan, kehadiran A-320 dapat menerbangkan 22 persen lebih banyak penumpang dengan pemakaian bahan bakar 15 persen lebih irit
"Saat ini kami mengoperasikan pesawat Boeing 737-300 dan secara bertahap akan diganti dengan armada baru A-320. Modernisasi armada ini sekaligus dapat meningkatkan efesiensi operasional," katanya.

Air Asia Indonesia saat ini melayani rute Bandung - Kuala Lumpur tiga kali sehari, Bandung - Singapura sekali sehari, serta rute Bandung - Denpasar dan Bandung - Medan sebanyak dua kali sehari.

(T.S033/B/s018/C/s018)

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011