Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor mendirikan sentra vaksinasi COVID-19 untuk mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat dalam penanggulangan pandemi virus corona.

"Jadi sentra vaksinasi yang dibuat kali ini berbasis kecamatan diselenggarakan di Kabupaten Bogor tepatnya di 10 kecamatan," kata Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat Dani Ramdan dalam jumpa pers virtual, Kamis.

Dani mengatakan sentra vaksinasi menargetkan 56 ribu warga. "Dari 10 kecamatan itu, masing-masing kecamatan 3 ribu orang yang divaksin," katanya.

Dia menuturkan vaksinasi dilakukan tiga kali yakni pada 26 dan 28 Juli serta 2 Agustus 2021 dan pihaknya berharap masing-masing pelaksanaan diikuti 30 ribu orang.

Akan tetapi, kata dia, dengan mempertimbangkan kendala di masyarakat, pihaknya menargetkan 56 ribu warga.

"Mudah-mudahan kesempatan baik ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membentuk kekebalan tubuh," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap langkah ini akan meminimalisasi risiko kematian akibat terpapar virus tersebut.

Dani mengakui ini merupakan pekerjaan tidak mudah, terlebih jika mengingat jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta jiwa.

Secara keseluruhan, target vaksinasi mencapai 70-80 persen atau sekitar 37 juta jiwa sehingga sentra vaksinasi diperlukan untuk memperbanyak jumlah warga yang divaksin.

"Angka yang sangat besar, tidak mungkin dicapai dengan cara yang biasanya butuh 10 tahun," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menuturkam, sasaran vaksinasi di daerahnya sebanyak 4,2 juta jiwa dari total jumlah penduduk 5,7 juta jiwa.

Untuk mencapai 20 persen, menurutnya diperlukan 1,2 juta jiwa yang ditargetkan tercapai hingga Agustus 2021.

Di luar sentra vaksinasi yang bekerjasama dengan BPBD Jawa Barat, pihaknya menggelar vaksinasi setiap Senin dan Rabu di masing-masing Puskesmas dengan target harian 2 ribu orang.

"Totalnya 160 ribu per minggu. Kami lakukan di 40 kecamatan," ucapnya.

Berikut 10 kecamatan yang terdapat sentra vaksinasi di Kabupaten Bogor yakni Ciomas, Sukaraja, Parung, Kemang, Cileungsi, Gunung Putri, Citeureup, Tajur Halang, Bojong Gede dan Cibinong.

Baca juga: Menparekraf apresiasi sentra vaksinasi di destinasi wisata Cicalengka Bandung

Baca juga: Sandiaga Uno kunjungi sentra vaksinasi di Depok

Baca juga: Pemprov Jabar jadikan sekolah- pesantren jadi sentra vaksinasi COVID-19

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021