Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat mengumumkan nama-nama pemenang Festival Film Pendek Bogor 2021 yang dilaksanakan secara virtual sejak Mei lalu.

"Dalam berbagai kesempatan, Bupati Ade Yasin memberikan apresiasi kepada seluruh pemenang Festival Film Pendek Bogor yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Bogor," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Denin Humaedi dalam kegiatan yang berlangsung secara virtual di Cibinong, Bogor, Rabu (7/7).

Menurut dia, para pemenang tersebut terdiri dari berbagai kriteria mulai dari juara satu, dua dan tiga, kemudian pemenang dengan film terfavorit, serta kategori aktor dan aktris terbaik.

Juara pertama yaitu film berjudul Larung yang disutradarai oleh Agus Firmansyah, juara dua berjudul Ayahku Pahlawanku disutradarai Rica Kurniawan, juara tiga berjudul Hujan Cinta di Pinggir Bogor disutradarai Muhamad Novel.

Deni menyebutkan bahwa festival tersebut merupakan upaya dari semangat untuk menggeliatkan kembali industri perfilman, serta diharapkan dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi.

"Apalagi subsektor industri kreatif di Kabupaten Bogor memiliki potensi untuk dikembangkan, karena Kabupaten Bogor memiliki sumber daya insani yang kreatif dan warisan budaya yang kaya," kata Deni.

Ia berharap, melalui Festival Film Pendek Bogor 2021, Pemkab Bogor mampu mendorong para wisatawan berkunjung ke Kabupaten Bogor setelah berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Pasalnya, Kabupaten Bogor banyak memiliki pesona alam yang indah.

"Saya berharap, melalui festival ini, seluruh objek wisata dan kekayaan alam kita bisa dikenal ke khalayak sehingga bisa mendatangkan para wisatawan," tuturnya.

"Terima kasih juga kepada juri, baik juri seleksi maupun juri utama yang terdiri dari para produser dan sutradara terkemuka di tanah air yakni artis Atiqah Hasiholan, artis dan sutradara Ine Febriyanti, sutradara dan produser Arturo," tambahnya.

Berikut daftar pemenang Festival Film Pendek Bogor 2021:

Juara 1 - Larung (Sutradara Agus Firmansyah)
Juara 2 - Ayahku Pahlawanku (Sutradara Rica Kurniawan)
Juara 3 - Hujan Cinta di Pinggir Bogor ( Sutradara Muhamad Novel)

FILM Favorit: Batian (Sutradara Ibnu Risd Asyakir)

Sutradara Terbaik: Agus Firmansyah (Judul: Film Larung)

Skenario Terbaik: Rica Kurniawan (Judul: Film Ayahku Pahlawanku)

Aktor Terbaik: H . Rosidi HAT (Judul: Film Batian)
Aktris Terbaik: Citra Diah Ningrum (Judul: Film Larung)

Baca juga: Bogor gelar "Festival Film Pendek" berhadiah Rp70 juta

Baca juga: Atiqah Hasiholan puji upaya Bupati Ade Yasin, apa itu?

 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021