Bandung, 5/11 (ANTARA) - Maskapai penerbangan nasional Wings Air menghentikan sementara penerbangan rute Bandung - Yogyakarta menyusul penutupan Bandara Adi Sucipto di "Kota Gudeg" akibat terganggu abu letusan Gunung Merapi.

"Penerbangan Wings Air Bandung-Yogyakarta, Jumat ini dihentikan sementara karena Bandara Yogya ditutup untuk penerbangan," kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, Mulya Abdi di Bandung, Jumat.

Menurut Mulya, pembatalan penerbangan Bandung-Yogyakarta itu baru dilakukan pada Jumat (5/11), Sedangkan Kamis (4/11) masih melayani penumpang di rute yang rata-rata mengangkut 80 penumpang per penerbangan.

Mulya tidak menyebutkan sampai kapan rute penerbangan Bandung - Yogyakarta itu dihentikan, namun menurut dia tergantung kesiapan kembali Bandara Adi Sucipto untuk melayani lalu lintas penerbangan.

"Sejauh ini maskapai penerbangan itu (Wings Air) tidak ada rencana memindahkan penerbangan ke Bandara Adi Sumarmo Solo," kata Mulya.

Menurut Mulya, Wings Air sejak beberapa bulan lalu menerbangi Bandung - Yogyakarta dengan pesawat propeler ATR. Pesawat itu tiba di Bandung pukul 13,30 WIB dan berangkat kembali sejam kemudian.

Ia menyebutkan, sejauh ini penerbangan ke Yogyakarta terganggu hujan abu vulkanik letusan Gunung Merapi. Bahkan menurut Mulya abu vulkanik gunung api itu sudah masuk di langit di atas Ciamis dan Tasikmalaya.

"Abu vulkanik sudah masuk kawasan Ciamis dan Tasikmalaya, bahkan di Bandung juga sudah sampai namun tidak begitu signifikan dan masih aman untuk penerbangan," kata Mulya Abdi.

Selain penerbangan Bandung - Yogyakarta, penerbangan lainnya di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung tidak terganggu termasuk ke rute Bandung - Semarang dan Bandung - Pangandaran.

Bandara Husein selama ini juga melayani penerbangan internasional Bandung - Singapura dan tiga penerbangan Bandung - Kualalumpur.

Sementara itu Kepala Bidang Pengamatan dan Penelitian Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendrasto menyebutkan abu vulkanik telah dua hari ini sampai di wilayah langit Bandung.

"Abu vulkanik sampai juga ke wilayah Bandung, namun tipis dan tak mengganggu penerbangan. Jarak pandang di Bandung masih normal dan tak cukup terpengaruh oleh abu vulkanik Merapi," kata Hendrasto
menerangkan.***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010