Cirebon, 5/10 (ANTARA) - Komandan Korem 063 Sunan Gunung Jati Cirebon Kolonel Infanteri Rochiman menyatakan seluruh unsur TNI siap membantu pihak kepolisian dalam memberantas aksi terorisme di Indonesia.

Rochiman mengatakan itu kepada wartawan seusai upacara peringatan HUT TNI ke-65 di Makorem 063 SGJ Cirebon, Selasa.

"TNI siap ikut serta membantu kepolisian memberantas aksi terorisme di Indonesia. Caranya selain dengan menyiapkan seluruh kekuatan personil tempurnya juga melalui pendekatan kemasyarakatan dan terus berkoordinasi aktif dengan kepolisian," kata Rochiman.

Seperti yang pernah dilakukannya kepada pimpinan daerah setempat, Rochiman mengajak Wali kota dan Bupati Cirebon untuk bersama-sama mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap pihak-pihak yang apatis dan mencurigakan agar tidak segan-segan untuk melaporkannya ke pihak yang berwajib.

"Melalui satuan intel, kami juga akan ikut memantau setiap pergerakan yang mencurigakan di masyarakat yang akan selalu kami koordinasikan dengan pihak kepolisian," kata Rochiman.

Yang terpenting untuk mencegah aksi terorisme di Indonesia, Rochiman menegaskan dibutuhkan kesatuan seluruh unsur masyarakat mulai dari aparatur pemerintah, aparat kepolisian dan TNI, tokoh masyarakat dan masyarakat sendiri dengan bersama-sama bertekad memerangi setiap aksi terorisme.

Sementara itu dalam upacara peringatan HUT TNI ke-65, tiga prajurit Korem 063 Sunan Gunung Jati memperoleh tanda kehormatan negara Satya Lencana Kesetiaan 24, 16 dan delapan tahun masing-masing untuk Pelda Sumarlan dan Serka Herwin dan Sertu Toto Heriyanto.

Selain itu Bupati Cirebon Dedi Supardi dan mantan Komandan Distrik Militer (Kodim) 0620 Letkol Arh Toto Nugroho juga memperoleh penghargaan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia dari DPP LVRI karena dianggap telah berjasa secara luar biasa untuk perkembangan dan kemajuan LVRI di Kabupaten Cirebon.

"Penghargaan ini sebagai motivator bagi saya untuk berprestasi di segala bidang, tentu saja dalam upaya membangun dan membesarkan bangsa," kata Dedi saat dikonfirmasi tentang diraihnya penghargaan tersebut.

Mengenai keberadaan para Legiun veteran, Dedi menegaskan bahwa mereka adalah para pejuang yang telah bersusah payah dalam mencapai kemerdekaan RI sehingga perlu ada perhatian khusus bagi para generasi sekarang untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa mereka.***1***

M Taufik

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010