Indramayu, 4/9 (ANTARA)- Penjual es buah naga asal Kabupaten Cirebon yang berada di jalur mudik Lebaran pantura Indramayu diserbu pemudik.

Nono pedagang es buah di Kecamatan Haurgeulis yang merupakan jalur mudik pantura Indramayu,kepada wartawan di Indramayu, Sabtu, mengatakan, penjualan es buah naga menjelang Lebaran terus diserbu pemudik.

Dikatakannya, sebelum arus mudik meningkat dalam satu hari paling hanya seratus porsi es buah naga, namun saat ini omzet penjualannya naik tiga kali lipat. Harga es buah naga cukup terjangkau, satu porsi hanya Rp6000.

"Penyajian buah naga mirip dengan sop buah lain, karena bahan campuran buah lain juga turut disajikan seperti irisan mangga, apel, lengkeng, nanas, pemanis dari gula pasir,lalu ditambahkan susu kental manis," katanya.

Ia menambahkan, es buah naga cocok disajikan pada siang hari ketika udara pantai utara pesisir kabupaten Indramayu cukup menyengat, tenggorokan yang terasa kering akibat dari udara panas tersebut hilang setelah menyantap es buah naga.

"Es buah naga cukup diminati oleh pemudik terutama pemudik roda dua, setiap tahun mereka merupakan pelanggan tetap," katanya.

Sementara itu Sarifudin salah seorang pemudik asal Kabupaten Kuningan mengaku, menyantap buah naga di jalur mudik pantura Indramayu terasa nik'mat,k etika haus akibat panasnya udara sepanjang pantai utara.

"Es buah naga dapat menghilangkan rasa haus juga stamina kembali pulih dan segar,sehingga setiap melintas di pantura Kabupaten Indramayu, dirinya pasti menyempatkan sambil istirahat," katanya.

Dia menambahkan, rasa khas es buah naga menjadi ketagihan, selain itu manfaat buah naga tersebut cukup banyak diantaranya, menurunkan darah tinggi, penyeimbang kadar gula, dan melindungi kesehatan mulut.

Heri warga setempat menuturkan,penjualan es buah naga disepanjang jalur utama mudik Lebaran meningkat tajam dibandingkan sebelumnya.

Dikatakannya, buah Naga, yang merupakan buah yang sejenis pohon kaktus dan banyak di tanam secara komersial di Vietnam, dan Australia, serta negara-negara Amerika Selatan itu, cukup diminati oleh pemudik juga warga Indramayu.***2***
(PSO-208/b)

(T.pso-061/B/F001/F001) 04-09-2010 11:39:22

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010