Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan permintaan petani Desa Wanasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kepada Presiden Joko Widodo, segera ditindaklanjuti dan paling akhir pada Jumat (23/4). 

"Permintaan petani akan segera direalisasikan, paling lama hari Jumat sudah selesai," kata Mentan Syahrul di Indramayu, Rabu, saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Indramayu. 

Mentan Syahrul mengatakan pada saat berdialog para petani meminta kepada Presiden Joko Widodo, alat mesin pertanian (alsintan) seperti traktor, mesin pompa air dan mesin panen.

Presiden, lanjut Mentan Syahrul, juga sudah mengiyakan akan membantu para petani, untuk itu pihaknya segera mungkin merealisasikan permintaan para petani paling lambat Jumat. 

Akan tetapi semua itu harus sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, untuk itu perlu adanya proses, namun dapat dipastikan akan secepat mungkin. 

"Tentu ada SOP dan lainnya, tapi untuk traktor, pompa air dan 'combine harvester' segera dikirimkan," tuturnya. 

Sebelumnya para petani di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Kabupaten Indramayu, memint alat mesin pertanian (alsintan) kepada Presiden Joko Widodo, karena saat ini untuk pekerja sangat sulit ditemukan, terutama ketika masuk panen raya. 

Permintaan mereka juga bukan hanya itu, namun karena saat ini irigasi masih dalam perbaikan, petani juga sulit mengaliri sawahnya, untuk itu pompa air pun mereka minta kan kepada Kepala Negara. 

Presiden Joko Widodo pada Rabu (21/4) melakukan kunjungan kerja ke daerah sentra padi dan melakukan panen raya, dilanjutkan berdialog dengan para petani sekitar.

Baca juga: Presiden Jokowi dengarkan keluhan petani di Indramayu soal pupuk subsidi

Baca juga: Presiden Jokowi kunjungi lokasi panen padi di Indramayu Jabar

 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021