Pemerintah Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat memilih Kelurahan Bojongkerta Kecamatan Bogor Selatan menjadi lokasi binaan pada program terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tahun 2021.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim di Bogor, Sabtu mengatakan, dengan dipilihnya menjadi lokasi binaan program terpadu P2WKSS, diharapkan Bojongkerta dapat berpartisipasi aktif meningkatkan peran wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera.

Dipilihnya Kelurahan Bojongkerta yakni di RW 03 dengan berbagai pertimbangan dan diputuskan dalam rapat koordinasi Program Terpadu P2WKSS Kota Bogor sehari sebelumnya yang dihadiri antara lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Iceu Pujiati dan Kepala TP PKK Kota Bogor Yane Ardian.

Menurut Dedie A Rachim, Kecamatan Bogor Selatan, khususnya Bojongkerta memiliki indeks pembangunan manusia (IPM) cukup rendah dibandingkan dengan kecamatan lainnya, sehingga dengan adanya program terpadu P2WKSS diharapkan bisa lebih maju dan berkembang.

Dedie menjelaskan, guna mendorong kemajuan dan perkembangan di Kecamatan Bogor Selatan, Pemerintah Kota Bogor membuat dan melaksanakan sejumlah program, di antaranya  pembangunan jalan Bogor Inner Ring Road (BIRR) agar akses jalannya bisa terkoneksi lebih maksimal dengan daerah lainnya.

Program lainnya adalah, penataan kawasan Batutulis sebagai kawasan wisata sejarah, yang saat ini masih dalam pekerjaan. Pemerintah Kota Bogor juga mengembangkan kawasan pertanian dan wisata alam di Bogor Selatan di Ciharashas.

Sedangkan, di Kelurahan Bojongkerta yang telah ditetapkan sebagai lokasi program terpadu P2WKSS Kota Bogor tahun 2021, agar ada dukungan dari semua unsur, termasuk dari organisasi perangkat daerah (OPD).

Dukungan tersebut mulai dari sumberdaya keuangannya, ilmu dan pengetahuan, serta sumber daya manusia, yang memungkinkan Bojongkerta lebih maju.

Dedie juga mengingatkan Bojongkerta sebagai lokasi program terpadu P2WKSS yang harus diperhatikan adalah harapan, sasaran, dan indikatornya harus jelas.

Sebelumnya, pada 2020, Kampung Cikeas di Kelurahan Katulampa Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor yang ditetapkan sebagai lokasi program terpadu P2WKSS Kota Bogor tahun 2020, berhasil meraih juara pertama lomba P2WKSS tingkat Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Wali Kota Bogor dampingi Tim P2WKSS Jawa Barat kunjungi Kampung Cikeas

Baca juga: Wali Kota Bogor ajak warga benahi kampung tingkatkan kesejahteraan

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021