Wali Kota Bogor Bima Arya mengajak jajaran dinas terkait dan aparat wilayah untuk membenahi kampung-kampung di Kota Bogor yang perlu pembinaan guna meningkatkan kesejahteraan warganya, terutama di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Menurut Bima Arya di Kota Bogor, Rabu, kampung yang saat ini sedang dilakukan pembenahan adalah Kampung Cikeas, di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Kampung Cikeas saat ini sedang dilakukan pembenahan melalui pembangunan terpadu dalam program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS).

Bima menjelaskan P2WKSS adalah program peningkatan perempuan yang menggunakan pola pendekatan lintas bidang, pembangunan secara terkoordinasi yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai taraf hidup berkualitas.

"Saya ini, pembenahan yang sedang dilakukan di Kampung Cikeas juga dapat dilakukan di kampung-kampung lainnya di Kota Bogor. Pembenahan di Kampung Cikeas ini agar menjadi inspirasi bagi wilayah lainnya di Kota Bogor," katanya.

Menurut dia, pembenahan yang sedang dilakukan di Kampung Cikeas agar jangan hanya mengejar target juara dalam perlombaan, tapi harus sistemik dan berkelanjutan. Pembenahan ini benar-benar dapat mengubah taraf hidup warga, katanya.

Bima mengakui pembenahan kampung dalam suatu perlombaan, selama ini tidak sistemik dan berkelanjutan, tapi tapi masih mengejar target menang lomba.

"Karena itu, saya ingin kesempatan pembenahan di Kampung Cikeas ini menjadi percontohan yang melampaui P2WKSS. Ini adalah bagian dari janji kampanye," katanya.

Bima menegaskan bahwa penataan itu bukan hanya di pusat kota, tetapi juga di wilayah, dimulai dari tingkat kampung.

"Pembenahan Kampung Cikeas ini kita namakan benah kampung. Kita benahi secara substantif," katanya.

Baca juga: Indocement sosialisasikan hemat energi di kampung ramah lingkungan Bogor

Baca juga: Hutan kampung di Kota Bogor berpotensi jadi lokasi wisata

Baca juga: Ini kampung aman COVID-19 yang diresmikan Bupati Bogor

Pewarta: Riza Harahap

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020