Bandung, 27/5 (ANTARA) - Sebanyak 280 penggemar mobil jeep dari beberapa kota di Indonesia memulai petualangan di ajang "West Java Adventure Off Road" (WJAOR) 2010 yang akan melintasi jalur Bandung - Purwakarta - Cianjur, 27-30 Mei.

Para peserta yang menggunakan 135 kendaraan jeep beroda penggerak 4x4 atau "wheel drive" itu dilepas Sekretaris Daerah Jawa Barat H Leks Laksamana di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis.

Para peserta yang berasal dari Lombok, Bali, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Lampung, Palembang, Jakarta serta peserta dari Malaysia dan Belanda itu akan berpetualang selama empat hari dengan menepuh rute sejauh 180 kilometer.

WJAOR ke-11 tersebut akan berakhir di Cipanas, Kabupaten Cianjur. enggerak 4x4.

"Kegiatan ini merupakan upaya pengembangan wisata petualangan di Jabar yang memiliki beberapa rute menarik dengan pesona alamnya yang luar biasa," kata Sekda Jawa Barat Leks Laksamana di sela pembukaan itu.

Kegiatan "off road" yang merupakan hasil kerja sama Disbudpar Jabar dengan Paguyuban Jeep Bandung tersebut akan diikuti oleh 135 kendaraan dengan 270 orang peserta yang berasal dari 45 klub jeep.

Sementara itu rute yang akan dilalui para peserta terdiri atas tiga jenis, yakni rute pertama Gedung Sate Bandung - Cirata - Jatiluhur - Purwakarta. Rute kedua, Desa Pangkalan Karawang dan rute ketiga Jonggol - Pacet - Cipanas.

"Setelah melahap lintasan menantang di sepanjang jalur yang dilintasi, di kawasan Pacet Cianjur akan ditampilkan uji keterampilan mengemudikan kendaraan 4x4 atau 'trail stage' memperebutkan tropy bergilir Gubernur Jawa Barat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar Herdiwan I Suranta.

Ia menyebutkan, tujuan WJAOR ini lebih mengedepankan petualangan daripada kecepatan atau ketepatan waktu. Hal itu dikarenakan WJAOR ini untuk menumbuhkan minat wisata khususnya di bidang "off road" serta mencari obyek wisata baru.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010