Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Jawa Barat menyiapkan gudang penyimpanan vaksin COVID-19 yang dilengkapi dengan peralatan khusus dan mendapatkan pengamanan dari kepolisian setempat.

"Dinkes sudah siap, lemari pendingin sudah ada," kata Sekretaris Daerah Pemkot Tasikmalaya Ivan Dicksan di Tasikmalaya, Rabu.

Ia mengatakan tim kesehatan Pemkot Tasikmalaya sudah siap menyambut datangnya vaksin COVID-19 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang rencananya tiba di Tasikmalaya, Jumat (22/1).

Pemkot Tasikmalaya akan mendapatkan kuota vaksin untuk 2.010 orang atau 4.020 dosis vaksin dengan prioritas yang mendapatkan vaksinasi, yaitu 2.000 tenaga kesehatan dan 10 orang dari forum komunikasi pimpinan daerah.

Selanjutnya, jajaran Pemkot Tasikmalaya terus menyosialisasikan manfaat vaksin bagi masyarakat sehingga program itu berjalan sesuai dengan harapan.

"Kita akan terus sosialisasi vaksin secara masif," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan menambahkan jajarannya sudah siap melakukan pengamanan saat datang maupun penyimpanan vaksin di gudang.

Pengamanan vaksin, kata dia, dilakukan 24 jam di gudang maupun saat pendistribusian ke setiap fasilitas kesehatan yang ditunjuk sebagai tempat vaksinasi COVID-19.

"Kita sudah siap di tempat penyimpanan dan distribusi nanti ke puskesmas agar semua aman dan lancar," kata dia.

Pemkot Tasikmalaya telah menetapkan 26 fasilitas kesehatan, yakni 22 puskesmas, tiga klinik, dan satu rumah sakit sebagai tempat vaksinasi.

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya bangun laboratorium PCR untuk percepat deteksi COVID-19

Baca juga: Pemkot Tasikmalaya siapkan 26 tempat layanan vaksinasi COVID-19

Baca juga: Kota Tasikmalaya prioritaskan vaksinasi untuk tenaga kesehatan

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021