Jakarta, 15/5 (ANTARA) - Tiga calon ketua umum dipastikan bersaing dalam Kongres Partai Demokrat di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, 21-23 Mei 2010.

"Saya kira tidak ada nama lain yang akan mendaftar sebagai bakal calon. Karena untuk menjadi calon harus memenuhi persyaratan administratif, lulus verifikasi dan mendapat dukungan suara dari peserta minimal 25 persen," kata Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Hadi Utomo di Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut dikatakan Hadi menjawab pertanyaan pers terkait ketua umum dan kemungkinan munculnya nama baru pada kongres Partai Demokrat.

Dikatakannya, tiga kader terbaik Partai Demokrat yang dipastikan meramaikan bursa ketua umum, yakni Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum dan Marzuki Alie.

Hadi meyakini hanya tiga nama tersebut yang akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum pada kongres di Bandung.

Selain memilih ketua umum, kata dia, Kongres II Partai Demokrat juga menjadi ajang untuk merapatkan barisan kader menuju partai yang kuat dan modern.

Kongres ini juga menjadi sarana konsolidasi guna mewujudkan pencapaian target perolehan suara 30 persen pada Pemilu 2014.

Dia mengatakan, pada kongres di Bandung ini akan berlangsung pergantian pengurus periode 2005-2010 kepada pengurus baru periode 2010-2015.

"Dalam kongres ini, pengurus lama lama demisioner dan menyampaikan laporan pertanggungjawabannya," kata Hadi.

Selain memilih ketua umum, kata dia, kongres juga sekaligus untuk konsolidasi kader.

"Melalui pelaksanaan kongres di Bandung, merupakan kesempatan melakukan pergantian tampuk pimpinan partai sekaligus konsolidasi kader menuju Pemilu 2014," katanya. (T.R024)
(T.R024/B/S023/S023) 15-05-2010 17:06:08

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010