Jakarta, 15/5(ANTARA) - Kongres Partai Demokrat, 21-23 Mei 2010, tak akan berlangsung "adem ayem" seperti kongres PDIP di Bali
atau akan "berdarah-darah" seperti musyawarah Golkar di Pekanbaru," kata seorang tokoh Partai Demokrat di Jakarta belum lama berselang.

Ucapan "gagah berani" itu dikemukakan sekretaris tim pemenangan calon ketua umum Partai Demokrat Andi Mallarangeng, Ramadhan Pohan ketika bertemu dengan para wartawan.

Apakah maksudnya "adem ayem" ataupun" berdarah-darah ?
Ramadhan Pohan yang pernah memimpin surat kabar "Jurnal Nasional" kemudian berusaha memberi penjelasan tentang pernyataannya itu yang bisa ditafsirkan bermacam-macam.

"Ketika kongres PDIP di Bali, maka jauh hari sebelum pertemuan itu berlangsung, sudah ketahuan bahwa ketua umumnya adalah tetap Megawati Soekarnoputri. Sedangkan pada musyawarah nasional Golkar di Pekanbaru, terjadi suasana yang begitu panas," demikian uraian Ramahan.

Sampai saat ini, menjelang hari-hari terakhir Kongres Partai Demokrat di Bandung, masih tetap terdapat tiga nama kandidat yakni Andi Mallarangeng yang merupakan Menpora, kemudian Anas Urbaningrum yang dikenal sebagai Ketua Bidang Politik DPP Partai Demokrat merangkap Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR serta mantan sekjen DPP Partai Demokat Marzuki Alie yang kini menjadi pemimpin lembaga negara DPR.

Sampai sekarang ketiga calon ketua umum ini masih terus melakukan berbagai manuver untuk menarik perhatian para peserta kongres yang mempunyai hak suara.

Andi-lah yang pertama kali melakukan deklarasi secara resmi sebagai kandidat dengan jumlah undangan yang tidak tanggung-tanggung di Jakarta mula dari Wakil Ketua MPR dari Partai Demokrat Melani Leimena Suharli, hingga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan.

Sementara itu, tokoh yang paling membetot perhatian pada acara deklarasi itu adalah kehadiran Edhie Baskoro yang merupakan putra kedua Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Edhie Baskoro yang sapaan akrabnya adalah Ibas secara terbuka menyatakan dukungannya kepada Andi Mallarangeng .

Sementara itu, kandidat lainnya, Anas Urbaningrum juga telah mendeklarasikan dirinya tapi tanpa kehadiran para dedengkot Partai Demokrat. Sedangkan Marzuki Alie sampai sekarang masih belum terdengar deklarasinya.

Ketiga tokoh ini telah berulang kali melakukan perjalanan ke daerah-daerah untuk "memasarkan dirinya" kepada para peserta kongres Bandung serta simpatisan partai ini.

Dalam satu kesempatan Ramadhan juga berkata bahwa sampai saat ini sudah sekitar 89 persen DPD dan DPC menyatakan akan mendukung Andi dalam kongres di Bandung. Dengan demikian berarti, belum semua peserta kongres akan memilih Andi
Akan tetapi, kemudian muncul pernyataan seorang tokoh bahwa Andi akan terpilih secara aklamasi. Kalau benar Menpora ini, akan terpilih secara aklamasi maka berarti Anas dan Marzuki pasti akan "kalah" dalam pemilihan ini apa pun juga bentuk pemilihannya.

Bahkan Andi sendiri pernah berkata, "Jika Anas Urbaningrum mau menjadi sekretaris jenderal, maka saya akan senang sekali".


SBY, kunci

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ani Yudhoyono adalah dua di antara sejumlah pendiri partai ini menjelang pilpres tahun 2004 dan sekarang SBY pun tetap masih merupakan orang terpenting di partai ini. Sekalipun Hadi Utomo sampai saat ini masih merupakan Ketua Umum Partai Demokrat, tidak ada satu orang pun yang bisa membantah kenyataan di lapangan bahwa SBY tetap merupakan tokoh sentral atau kunci di Demokrat.

Kehadiran Edhie Baskoro dalam deklarasi Andi ditafsirkan banyak pihak bahwa SBY telah menentukan pilihannya kepada Andi, walaupun secara tidak langsung.

Namun tentu para pendukung Anas serta Marzuki mengatakan bahwa keputusan tetap ada di tangan peserta kongres apakah memang akan memilih Andi, Anas ataukah Marzuki. Anas dan Marzuki selalu mengatakan bahwa mereka pun didukung dan "direstui" Yudhoyono..

"Pertarungan" di Bandung memang masih satu minggu lagi. Namun kemudian muncul dua nama baru yang diperkirakan bakal menjadi "kuda hitam" yakni mantan panglima TNI Marsekal TNI Purnawirawan Djoko Suyanto serta Letjen Purnawirawan TNI Erwin Sudjono. Djoko Suyano adalah wakil ketua tim sukses pilpres-nya Yudhoyono sedangkan Erwin Sudjono adalah ipar SBY.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah SBY akan membiarkan seluruh peserta untuk menentukan pilihannya sendiri ataukah Ketua Dewan Pembina ini akan mengeluarkan "sabdo pandito" atau perintah untuk memilih calon tertentu.

Kalau SBY memberi kebebasan penuh kepada peserta kongres untuk menentukan sendiri pilihannya, maka pertemuan ini pasti akan seru sekali sehingga bisa muncul "kuda hitam".

Namun kalau sebaliknya SBY sudah memberikan "perintah" tentang siapa yang harus dipilih, maka kongres ini akan berjalan mulus atau tanpa hambatan apa pun.

Karena itu, para peserta kongres, pengamat politik serta orang awam sedang menunggu apakah SBY menyerahkan pengambilan keputusan kepada para peserta -- dengan risiko munculnya berbagai hal yang tidak terduga_-- ataukah Ketua Dewan Pembina akan memberikan "arahan" sehingga kongres akan berlangsung mulus bagaikan aliran air di sungai.

T/A011
(T.A011/B/E001/E001) 15-05-2010 14:08:27

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010