Sukabumi, 25/4 (ANTARA) - Kawasan hutan pendidikan Gunung Walat di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan dijadikan lokasi lomba sepeda gunung internasional SEA Games 2011 karena jalur lintasan lomba telah memenuhi standar internasional.

"Kejuaraan sepeda gunung SEA Games 2011 akan dilakukan di Gunung Walat, namun perlu ada upaya perbaikan di sekitar Gunung Walat," kata Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan kepada wartawan saat membuka lomba sepeda gunung internasional (International Mountain Bike Race' 2010) di Gunung Walat, Minggu.

Menurut dia, di sekitar kawasan Gunung Walat masih ada sejumlah lahan yang harus direhabilitasi, oleh karena itu pihaknya meminta pemerintah daerah dan pengelola Gunung Walat agar mempersiapkan kawasan tersebut menjadi lokasi lomba sepeda gunung yang terbaik.

"Kemenhut akan membantu proses rehabilitasi kawasan di sekitar Gunung Walat. Pemerintah akan membantu rehabilitasi sekitar 500 hektar dengan anggaran Rp5 juta/hektarnya. Kami pun akan menyiapkan bibit untuk menanam pohon di sekitar kawasan Gunung Walat," papar Zulkifli.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Phanny Tanjung, mengatakan, jalur lintasan sepeda gunung di Gunung Walat telah memenuhi standar internasional, oleh karena itu pada penyelenggaraan SEA Games pada November 2011, Gunung Walat akan dinominasikan sebagai lokasi lomba.

"Sebenarnya, ada dua lokasi yang dicalonkan menjadi ajang lomba Sea Games yaitu Gunung Walat dan Cikole, Lembang (Kabupaten Bandung), namun kawasan Gunung Walat memiliki kelebihan karena didukung oleh sarana penginapan yang memadai dan berdekatan dengan lokasi lomba," tuturnya.

Ia mengatakan, untuk menggelar lomba sepeda gunung bertaraf internasional itu perlu ada persiapan yang matang dan pihaknya telah mendapatkan persetujuan dari Bupati Sukabumi, Sukmawijaya.

"Pak Bupati sudah siap membantu dalam proses penataan di kawasan Gunung Walat. Penempatan lokasi SEA Games di Gunung Walat akan disosialisasikan," katanya.

Ketua Umum Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB, Sumarto Suharno yang menjadi pengelola kawasan Gunung Walat menuturkan, pihaknya siap untuk menyelenggarakan lomba sepeda gunung setingkat Sea Games.

"Kami akan melakukan sejumlah perbaikan, diantaranya dengan memperbaiki jalan penghubung dan membangun landasan helikopter (helipad)," katanya.

Menurut dia, kejuaraan internasional yang digelar kali ini membuktikan Gunung Walat layak dijadikan lokasi lomba, apalagi pada 2009 lalu kawasan Gunung Walat pernah dijadikan lokasi lomba sepeda gunung tingkat nasional.

Sementara itu, sebanyak 123 atlet sepeda gunung mengikuti 'International Mountain Bike Race' 2010 Championship Series di kawasan Gunung Walat, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu.

Seratusan atlet sepeda gunung itu terdiri dari atlet sepeda asal Indonesia dan atlet sepeda asal Thailand itu mengikuti enam kelas pertandingan, yakni Men Master A (usia 30-34 tahun), Men Master B (35-39 tahun), Men Master C (40 tahun ke atas), Women Open (16-18 tahun), Men Junior (17-18 tahun) dan Men Elite (19-29 tahun).

Syaiful Hakim

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010