Bandung, 6/2 (ANTARA) - DPD Partai Demokrat Jawa Barat meminta jatah tiga suara pada Kongres Partai Demokrat yang akan digelar di Kota Bandung, Mei 2010 mendatang, karena menjadi penyumbang suara terbesar Pemilu Legislatif 2009 lalu.

"Perolehan suara Pileg 2009 di Jabar sebanyak 14 juta suara, di lain pihak penduduk di Jabar juga terbesar yakni 42 juta jiwa, sehingga wajar bila DPD Jabar mendapat tiga suara di Kongres mendatang," kata Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat, H Iwan Ridwan Sulanjana di sela-sela Rakerda DPD Partai Demokrat Jabar di Bandung, Sabtu.

Menurut Iwan, DPD Partai Demokrat Jawa Barat akan mengajukan penambahan jatah untuk suara DPD provinsi itu ke DPP Partai Demokrat. Pemberian dua suara tambahan bagi DPD Partai Demokrat Jabar sangat realistis untuk mendapat penjatahan suara secara proporsional.

Berdasarkan AD/ART Partai Demokrat, setiap DPD provinsi hanya mendapatkan satu jatah suara pada Kongres DPP Partai Demokrat. Baik itu DPD yang raihan suaranya terbesar maupun dengan raihan suara kecil.

"Saya kira adil bila Jabar mendapat tiga suara di kongres nanti, dan itu akan menjadi apresiasi bagi DPD provinsi dan kabupaten/ kota sehingga tetap giat dan optimal dalam melakukan pengkaderan," kata Iwan Sulandjana.

Ia menyebutkan, dengan jumlah masyarakat dan pemilih yang banyak, kata Iwan maka jelas beban pembinaan dan penjaringan massa partai juga lebih berat dibandingkan dengan daerah lainnya yang berpenduduk lebih sedikit.

Sementara itu Rakeda I Partai Demokrat Jawa Barat yang berlangusng 6-7 Februari 2010 dibuka oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat Hadi Utomo yang dihadiri oleh unsur DPP Partai Demokrat, pengurus DPC Demokrat dari 26 kabupaten/ kota se-Jabar.

Hadir pula pada kesempatan itu Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung, H Dada Rosada.

Iwan menyebutkan, Rakerda Partai Demokrat Jawa Barat itu diarahkan untuk meningkatkan konsolidasi dan koordinasi Partai Demokrat di Jawa Barat sekaligus memantapkan Program Kerja untuk dua tahun ke depan, termasuk salah satunya mendukung 10 Program Partai Demokrat yang diamanatkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat.

"DPD Jawa Barat dengan dukungan 14 juta suara pada Pemilu Legislatif 2009 lalu siap mendukung kebijakan pemerintah dan ikut menjaga situasi Jabar tetap kondusif," kata Iwan Sulandjana.

Selain itu, Rakerda Partai Demokrat Jawa Barat juga difokuskan untuk menyiapkan strategi memenangkan Pilkada di lima kabupaten/ kota di Jabar pada 2010 yakni di Kabupaten Karawang, Indramayu, Sukabumi, Kabupaten Bandung dan Kota Depok.

Sementara itu Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Hadi Utomo menyampaikan lima poin penting bagi kader Partai Demokrat yakni melakukan konsolidasi dan pengkaderan secara maksimal, menyelesaikan permasalahan internal partai secara maksimal, penajaman program kerja partai, menjalin komunikasi politik dengan partai lain serta tetap optimis meraih target partai.

"Lakukan terus konsolidasi partai dan pengkaderan, serta menjalin komunikasi politik yang harmonis dengan partai lain. Saya tidak ingin mendengar ada Ketua DPC yang tidak akur dengan partai lain karena ambisinya untuk ikut Pilkada," kata Hadi Utomo.

Pada kesempatan itu, Ketua DPP Partai Demokrat juga meminta seluruh kader Partai Demokrat di Indonesia untuk tetap konsisten mengawal program partai dan mendukung pemerintahan pusat dan pemerintah daerah masing-masing.

Hadi Utomo mengingatkan kadernya untuk menyiapkan proses pencalonan di daerah yang akan mengelar Pilkada secara maksimal sehingga bisa menempatkan kadernya di pemerintahan.

"Silakan ikut dalam Pilkada dan berkompetisi secara sehat dan tetap menghormati pilihan rakyat. Siapapun dan dari manapun partainya yang memenangkan Pilkada akan didukung, kader Partai Demokrat tidak akan merongrong," kata Hadi Utomo menambahkan.

(U.S033/B/Z003)

(U.S033/B/Z003/Z003) 06-02-2010 14:16:34

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010