Di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebagian besar masyarakat  lebih banyak berada di rumah. Akibatnya kendaraan jarang digunakan. Agar performanya tetap terjaga, mesin  memerlukan perawatan rutin dan memakai bahan bakar yang tepat.

Hal itu terangkum dalam diskusi virtual anggota komunitas otomotif Trax Owner Community (T-RAX) bersama PT Pertamina (Persero), Sabtu (10/10). 

Wakil Ketua Umum T-RAX Iwan Pasadam mengungkapkan, penting bagi sesama pengendara untuk berbagi pengetahuan tentang cara merawat mesin kendaraan dan mendorong agar pengendaran memilih bahan bakar yang berkualitas. Terutama BBM dengan angka oktan tinggi agar performa mesin terjaga dan emisi gas buang lebih bersih, sehingga mesin tetap sehat serta lebih ramah lingkungan.

"Mayoritas pengguna Chevrolet Trax memakai BBM dengan kadar oktan (RON/Research Octane Number) 98, sesuai petunjuk buku manual. Dampaknya, tarikan gas bertenaga, relatif hemat dan emisi gas buang lebih bersih," katanya. 

Senada dengan itu, Kepala Bengkel Fontana Muam Dwi Cahyono turut memberikan tips merawat mesin kendaraan saat PSBB. 

Menurutnya, pengendara perlu melakukan pengecekkan kendaraan secara rutin.

“Di manual book kendaraan, pabrikan telah menyesuaikan bahan bakar yang cocok sesuai jenis kendaraan. Penting agar tidak menggunakan bahan bakar dengan angka oktan yang lebih rendah daripada yang dianjurkan. Sebab dapat merusak mesin dalam jangka panjang,” jelas Muam, yang menjadi salah satu narasumber pada diskusi virtual tersebut. 

Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region (MOR) III Eko Kristiawan mengungkapkan, sebagai kendaraan dengan tingkat kompresi cukup tinggi, Chevrolet Trax dianjurkan memakai Pertamax Turbo. Produk ini memiliki RON 98 dan kandungan sulfur di bawah 50 ppm, yang artinya menghasilkan gas buang dengan kadar karbon relatif rendah. Dilengkapi formula PERTATEC dan Ignition Boost Formula, Pertamax Turbo dirancang untuk menjaga mesin agar bebas karat, lebih tahan lama, efisien, dan meningkatkan akselerasi kendaraan. 

Selain itu, Pertamax Turbo cocok untuk konsumen yang memiliki kendaraan dengan mesin berteknologi tinggi, minimum kompresi rasio 12:1, atau kendaraan dengan teknologi supercharger maupun turbocharger.

Lebih lanjut Eko mengatakan, di luar efek negatif terhadap mesin kendaraan, BBM dengan angka oktan rendah menghasilkan emisi gas buang yang lebih polutif. Saat ini, hanya 7 negara di dunia yang masih memakai bahan bakar dengan RON 88, salah satunya Indonesia. 

“BBM dengan RON rendah pada jangka panjang berdampak signifikan terhadap lingkungan, dan pada akhirnya kesehatan kita. Dengan menjaga kualitas udara, kita juga menjaga kesehatan tak hanya untuk saat ini tapi untuk anak cucu kita,” ujar Eko.

Untuk itu, Eko menambahkan, Pertamina mendorong penggunaan BBM berkualitas dengan RON 90 ke atas. 

 

Pewarta: Inforial

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020