Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan peran Palang Merah Indonesia penting dalam bidang sosial kemanusiaan serta bertepatan di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 PMI tentunya keberadaan lembaga ini sangat membantu pemerintah.

"PMI selalu hadir di tengah masyarakat, bahkan selalu menjadi garda terdepan jika terjadi bencana baik alam maupun non-alam seperti pandemi COVID-19, tentunya di usianya yang sama dengan Hari Kemerdekaan RI, keberadaan PMI sangat dibutuhkan," katanya di Sukabumi, Jabar, Kamis.

Menurutnya, PMI selalu hadir bagi mereka yang membutuhkan dan sedang mengalami kesulitan, seperti warga yang menjadi korban. Bahkan, di masa pandemi COVID-19 ini relawan dan sukarelawan PMI selalu bersama pemerintah melakukan berbagai pelayanan dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Mulai dari melakukan penyemprotan disinfektan secara massal, memberikan edukasi tentang bahaya dan pencegahan COVIDP-19 kepada berbagai elemen masyarakat hingga membantu meringan warga yang terdampak seperti mendistribusikan paket sembako.

Lanjut orang nomor satu di Kota Sukabumi, dengan tema peringatan HUI ke-75 PMI yakni solidaritas untuk kebersamaan maka setiap personel lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia harus selalu menjadi pelindung dan penyelamat kemanusiaan yang selalu ada di barisan terdepan.

"Khususnya di masa pandemi COVID-19 ini , PMI harus menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan virus yang bisa menyebabkan kematian ini serta terus berjuang demi kemanusiaan," tambahnya.

Fahmi pun mengucapkan banyak terima kasih kepada para pejuang kemanusiaan yang tak kenal lelah memberikan pelayanan kepada mereka yang membutuhkan, di usianya yang ke-75 ia mengucapkan jayalah PMI di seluruh Indonesia.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada relawan dan sukarelawan PMI yang telah mencurahkan keringat, pikiran dan tenaganya serta khususnya di Kota Sukabumi ada seorang relawan yang meninggal saat menjalankan tugasnya. Ini membuktikan bahwa PMI selalu bekerja keras untuk membantu sesama demi kemanusiaan. 

Baca juga: PMI bentuk tim penanganan jenazah COVID-19 di 416 desa di Kabupaten Bogor

Baca juga: JK ajak masyarakat donor darah di masa pandemi COVID-19

Baca juga: PMI buka pendaftaran untuk sukarelawan kemanusiaan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020