Indramayu,17/12(ANTARA)-Perum Perhutani Indramayu menyalurkan dana bantuan program kemitraan dan bina lingkungan(PKBL) dengan tujuan untuk mensejahtrakan masyarakat sekitar hutan desa.

Kepala Sub Seksi Pengolahan Hutan Bersama Masyarakat, Darto di Indramayu, Kamis, mengatakan,penyaluran dana PKBL merupakan kewajiban salah satu BUMN sesuai PP No.30 tahun 2003 selain berkewajiban mengelola hutan secara lestari yang berfungsi ekologi,ekonomi maupun sosial.

"BUMN berkewajiban untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat kecil dengan menjalin kemitraan melalui PKBL dengan tujuan untuk memberdayakan juga meningkatkan usaha kecil bagi masyarakat desa hutan,"katanya.

Dia menjelaskan,penyaluran dana tersebut pada tahun 2009 atas dasar surat persetujuan Kepala Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten No.195/022.3/Keu/III tanggal 23 Nopember 2009.

Sebelumnya sudah dilakukan penilaian oleh tim PKBL KPH terhadp proposal dari aclon mitra binaan dan telah direkomendasikan ke kantor unit.

Total penyaluran dana PKBL sampai dengan tahun 2009 kurang dari Rp1,5 miliar disalurkan kepada Koperasi 25 unit besar pinjaman kurang dari Rp 372 juta.

Selanjutnya, Lembaga Masyarakat Desa Hutan berjumlah 16 kelompok nilainya kurang dari Rp240 jumlah juta,peroragan berjumlah 205 orang total pinjaman kurang dari Rp844 jura.

Pihaknya berharap dengan bantuan dana tersebut semua masyarakat yang berada di sekitar hutan,dapat meningkatkan usaha dalam bidang masing-masing sehingga daya beli mereka jauh lebih sejahtera dan bekerjasama melestarikan hutan, katanya.

Sementara itu LMDH Agung Jaya yang telah mendapatkan bantuan dapat meningkatkan semua anggotanya menuju keluarga mandiri dan sejahtera.

Aneng Sutaryaman ketua LMDH Agung Jaya mengakui bantuan dari Perum Perhutani dapat membantu modal usaha yang dikelolanya seperti peternakan penggemukan kambing,persemaian tanaman hutan,pertanian terutama padi dan palawijaya.

"Bantuan dari Perum Perhutani dapat meningkatkan usaha kelompok,sehingga kemajuan LMDH Agung jaya semakin terus berkembang,terutama dalam mengelola persemaian tanaman hutan,"katanya.***2***

Enjang Solihin
(T.PSO-061/B/Y003/Y003) 17-12-2009 16:14:15

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009