Bandung, 11/12 (ANTARA) - Sebanyak 17 pejabat struktural Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, yang juga ketua cabang olah raga (Cabor) dan anggota Dewan terbang ke Laos mendampingi 40 atlet Kota Bandung.
"Para pejabat Pemkot dan anggota dewan yang ikut, kapasitasnya sebagai ketua cabang olah raga," kata Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kota Bandung, Aan Juhana pada wartawan, Jumat.

Ke-17 orang yang berangkat ke Laos diantaranya, Juniarso Ridwan, Tjutju Nurdin, Timbul Butarbutar, Erwan Setiawan, Riantono dan Tomtom Dobul Qomar. Mereka berangkat ke Sea Games Laos dari 13 hingga 18 Desember 2009.

"Kepergian anggota Dewan, apalagi Banggar, karena mereka yang menentukan dan menandatangani anggaran. Jadi kami tidak perlu melobi, karena mereka sudah melihat dengan mata kepala sendiri," ujarnya.

Kepergian mereka, kata dia, juga sebagai persiapan Kota Bandung sebagai tuan rumah Sea Games mendatang. Sehingga mereka tahu apa saja kebutuhan sebagai calon tuan rumah.

"Kami juga mendampingi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, yang datang untuk menerima bendera estafet tuan rumah," kata dia.

Disinggung masalah alokasi dana, Aan tidak tahu berapa pastinya. Lantaran masalah akomodasi masih belum ada kesepakatan dengan pihak biro perjalanan.

Sementara itu Wali Kota Bandung Dada Rosada membenarkan jajarannya akan pergi ke Laos untuk mendampingi dan memberikan semangat pada para atlet yang sedang berlaga di Sea Games Laos.

Selain itu, kepergian mereka juga sebagai bagian dari persiapan Kota Bandung sebagai tuan rumah Sea Games Mendatang. Sayangnya, Dada tidak mengetahui persis berapa jumlah dana yang dikeluarkan untuk membiayai kepergian para pejabat tersebut.

Ditemui terpisah, Ketua DPRD Kota Bandung Erwan Setiawan membenarkan kepergiannya bersama rombongan KONI ke Laos.

"Saya ke sana diajak pengurus KONI, karena saya ketua cabor boxer. Mengenai dana saya tidak tahu menahu, karena semua ditanggung KONI," kata Erwan.

Erwan mengaku akan berangkat tanggal 13 sampai 16 Desember. Tapi jika ada agenda penting yang harus dikerjakan di Bandung, Erwan akan pulang.

"Saya sudah punya agenda pada 17 Desember untuk Bamus membahas APBD. Sehingga kecil kemungkinan ada jadwal yang bentrok," tegas Erwan.

Kepergian Erwan ke Laos juga karena ada janji dengan Menpora Andi Mallarangeng, pada tanggal 16 Desember. Untuk melakukan lobi-lobi bantuan pusat pembanguan SOR Gedebage.

"Jadi saya pergi ke sana bukan untuk jalan-jalan," kata Erwan.

***5***
Ahmad Sayuti
(U.PSO-060/B/Z003/Z003) 11-12-2009 14:35:44

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009