Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meluncurkan Senam Pancakarsa pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/9).

"Di tengah pandemi COVID-19, olahraga teratur menjadi cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan meningkatkan daya tahan tubuh sebagai benteng menghadapi serangan virus corona," ujar Bupati Bogor, Ade Yasin usai senam.

Nama Pancakarsa diambil dari lima program utama masa pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Ade Yasin - Iwan Setiawan, yaitu Karsa Bogor Membangun, Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Maju, dan Karsa Bogor Berkeadaban.

Peluncuran itu selain dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), juga dilaksanakan secara virtual oleh masyarakat secara serentak di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

"Peserta senam yang hari ini hadir sudah menerapkan protokol mulai dari masuk lapangan sampai berkegiatan senam, yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangananan COVID-19 (GTPPC) Kabupaten Bogor itu.

Ade Yasin menyebutkan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hendaknya jangan menjadi alasan untuk enggan berolahraga. Pasalnya, masyarakat tetap bisa olahraga di luar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Senam ini muncul di tengah pandemi, ini kan menjadi sejarah ada olahraga yang pakai face shield dan masker. Sejarah ini menggambarkan bahwa di masa pandemi kita tetap masih bisa berolahraga dan menyehatkan badan kita," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Bogor, Usep Supratman mengatakan bahwa senam bugar Pancakarsa diciptakan sesuai kaidah olahraga senam dan memenuhi ciri umum olahraga kesehatan, yaitu massal, mudah, murah, meriah, manfaat serta aman.

“Senam Pancakarsa ini representasi dari program Bupati dan Wakil Bupati Bogor yaitu lima tekad yang tertuang dalam program Pancakarsa, yakni Karsa Bogor Maju, Bogor Cerdas, Bogor Sehat, Bogor Membangun Dan Bogor Berkeadaban,” kata Usep.

Baca juga: KONI Kota Bogor dukung penuh tiga tema besar pada Haornas 2020

Baca juga: Batiqa Hotel apresiasi atlet berprestasi Kabupaten Bekasi peringati Haornas

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020