Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur, Jawa Barat, mengoptimalkan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan bertugas melakukan pendataan calon pemilih menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cianjur 2020, sebelum dimasukkan dalam data pemilih sementara dan daftar pemilih tetap.

Ketua KPU Cianjur, Selly Nurdinah saat dihubungi Selasa, mengatakan tahapan Pilkada Cianjur 2020, saat ini pihaknya masih mengoptimalkan pembentukan PPDP hingga tanggal 10 Juli dan dilanjutkan dengan Bimtek PPDP terpilih selama tiga hari mulai tanggal 11-14 Juli.

"Selanjutnya mereka akan bertugas untuk melakukan pemutakhiran data pemilih mulai tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus. Untuk saat ini kami masih fokus pembentukan PPDP dan selanjutnya tahapan akan berjalan sesuai dengan target hingga hari H pilkada tanggal 9 Desember," katanya.

Tidak hanya pemutakhiran data, pihaknya juga akan melakukan tahapan pemenuhan syarat dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan yang akan dimulai dari tanggal 13 Juli sampai 19 Juli dilanjutkan dengan rekapitulasi tingkat kecamatan tanggal 20-21 Juli dan tingkat kabupaten serta masa perbaikan dukungan sampai tanggal 27 Juli.

Sedangkan awal bulan Agustus tepatnya tanggal 4 Agustus pihaknya memberikan batas waktu untuk verifikasi administrasi perbaikan bagi bakal pasangan calon perseorangan."Tanggal 4 Agustus semua persyaratan untuk bakal pasangan calon perseorangan sudah lengkap," katanya.

Sedangkan terkait pencairan dana pilkada dari pemerintah daerah, setelah dikembalikan untuk penanganan COVID-19 beberapa waktu lalu, hingga saat ini, belum ada yang diambil kembali karena masih menunggu pencairan selanjutnya setelah ada perubahan NPHD tahap pertama 40 persen dari dana yang diajukan paling lambat 14 hari ke depan.

"Kami masih menunggu kabar paling lambat 14 hari ke depan, untuk pencairan dana setelah penandatanganan perubahan NPHD beberapa waktu lalu dan tahap kedua sisanya lima bulan sebelum hari H pemungutan," katanya.

Baca juga: KPU Cianjur akan tambah 1.000 TPS pada Pilkada 2020

Baca juga: Pemkab Cianjur tambah biaya pilkada untuk protokol kesehatan

Baca juga: Partai Nasdem targetkan kemenangan pilkada di enam kabupaten/kota

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020