Palang Merah Indonesia (PMI) Cianjur, Jawa Barat menyumbangkan sejumlah alat pelindung diri (APD) untuk menutupi kekurangan di RSUD Cianjur yang akan digunakan petugas medis di ruang isolasi penanganan COVID-19.

Anggota KSR PMI Cianjur, Ujang M pada wartawan di Cianjur, Kamis mengatakan bantuan yang mereka berikan untuk menutupi kekurangan APD seperti masker, sarung tangan dan cairan pembersih tangan yang dapat digunakan tim medis yang khusus menangani COVID-19.

"Meskipun tidak banyak, harapan kami bantuan yang kami berikan dapat menambah stok untuk digunakan tim medis di rumah sakit. Kami sedang mengupayakan pakaian APD berstandar WHO yang sangat minim," katanya.

Baca juga: Dua PDP yang meninggal di Cianjur negatif COVID-19

Ia menjelaskan bantuan yang sama akan diberikan ke sejumlah rumah sakit lainnya yang membutuhkan guna memenuhi kebutuhan tim medis selama status KLB virus corona diberlakukan khususnya di Cianjur.

Sementara hingga saat ini, tutur dia, pihaknya turut membantu pemerintah daerah dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah wilayah khususnya bangunan sekolah dan tempat peribadatan yang ada di wilayah tersebut.

Bahkan pihaknya akan melayani permintaan dari berbagai lapisan masyarakat untuk dilakukan penyemprotan sebagai upaya memutus rantai COVID-19 serta tidak henti melakukan sosialisasi agar warga menerapkan program hidup sehat.

Baca juga: APD terbatas petugas kesehatan di Cianjur terpaksa gunakan jas hujan

"Kami masih menerima permintaan untuk penyemprotan disinfektan untuk berbagai wilayah di Cianjur. Harapan kami upaya penyemprotan dapat meminimalisir berkembang biaknya virus berbahaya termasuk corona," katanya.

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020